BPK Datangi Raja Ampat Untuk Pemeriksaan Awal Penanganan Covid-19

BPK Datangi Raja Ampat Untuk Pemeriksaan Awal Penanganan Covid-19
BPK Datangi Raja Ampat Untuk Pemeriksaan Awal Penanganan Covid-19

HARIANNKRI.ID – Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan provinsi Papua Barat mulai mengelar pemeriksaan pendahuluan penanganan covid-19 di Pemerintah Daerah Raja Ampat. Pemeriksaan ini bertempat di ruang auditorium Bupati Raja Ampat, Rabu (9/9/2020).

Dalam kegiatan pembukaan pemeriksaan pendahuluan penanganan covid-19, Ketua Team BPK Papua Barat, Mujahid mengatakan, kedatangan timnya di Kabupaten Raja Ampat selama 20 hari. Kedatangan ini untuk melakukan pemeriksaan pendahuluan terkait penanganan covid-19. Adapun hasilnya akan disampaikan kepada pimpinannya di tingkat provinsi Papua Barat.

“Kami disini selama 20 hari. Kita lakukan pemeriksaan pendahuluan atas penanganan covid-19 di Raja Ampat. Dan tanggal 26 kami kembali ke Manokwari. Menyampaikan hasil pemeriksaan kepada pimpinan kami di Manokwari,” kata Mujahid.

Baca Juga :  GPI Akan Pilih Pemimpin Baru di Muktamar Luar Biasa dan Milad Ke-75

Lebih lanjut Mujahid menerangkan, kedatangan timnya bertujuan untuk melakukan pengujian atas kepatuhan pemerintah tentang penanganan covid-19. Dalam pemeriksaan pendahuluan tim BPK akan melakukan pengumpulan data informasi, wawancara dan diskusi dengan Tim satgas dan pimpinan OPD terkait.

“Sasaran pemeriksaan yaitu realokasi – refocusing, penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi, penanganan dampak sosial. Ini 4 hal yang akan kami uji disini,” tegasnya.

Ia juga menambahkan pemeriksaan penanganan covid-19 dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.. Pada akhirnya BPK RI di Jakarta dapat memberikan pendapat kepada pemerintah pusat terkait penanganan covid-19

Sementara itu pemerintah Kabupaten Raja Ampat yang diwakili oleh Sekda Raja Ampat, Dr Yusup Salim, M.Si mengingatkan tim tasgas maupun OPD terkait untuk proaktif. Baik dalam memberikan data maupun dalam kegiatan wawancara maupun diskusi dengan BPK.

Baca Juga :  Kegagalan Kapitalisme Tangani Keuangan Negara Ditengah Wabah Covid-19

“Dengan hadirnya BPK kami berharap seluruh dinas terkait proaktif memberikan data dan berdiskusi. Jika ada hal-hal yang perlu di benahi, kita perlu benahi dari sekarang. Betul-betul transparan. Ini kesempatan kita untuk sampaikan kepada BPK biar ada evaluasi bila ada hal yang perlu dievaluasi. Kekurangan atau data apa yg perlu kita siapkan, kita siapkan di masa pemeriksaan pendahuluan ini,” tegas Sekda Raja Ampat. (HSG)

Loading...