Saat Pandemi, Semua Negara Justru Berlomba Menjadi Yang Terdepan Melalui Inovasi

Saat Pandemi, Semua Negara Justru Berlomba Menjadi Yang Terdepan Melalui Inovasi
Presiden Jokowi saat membuka secara virtual Inovasi Indonesia Expo 2020, seperti dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (10/11/2020).

HARIANNKRI.ID – Semua negara di dunia menjalani masa pandemi dengan mencari inovasi baru untuk menjadi yang terdepan. Dibutuhkan talenta dan stakeholder untuk mewujudkan suatu ide menjadi karya yang bisa diproduksi secara massal.

Presiden Jokowi menjelaskan, inovasi merupakan kunci transformasi dan energi untuk menciptakan perubahan. Berbagai terobosan seringkali muncul sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan dan sebagai modal untuk memenangkan persaingan.

“Selama masa pandemi ini kita melihat banyak negara berlomba-lomba menjadi yang terdepan, menjadi yang tercepat, melalui inovasi di berbagai bidang. Hal tersebut menunjukkan pentingnya inovasi, terlebih untuk menjadi yang terunggul di masa sulit akibat pandemi ini,” kata Presiden Jokowi saat membuka secara virtual Inovasi Indonesia Expo 2020, seperti dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga :  17 Narasi Kerja Dalam Visi Indonesia Presiden Jokowi 2019-2024 (3)

Lanjutnya, Indonesia sendiri tak mau tertinggal dengan turut berinovasi di bidang kesehatan. Salah satunya vaksin Merah Putih yang terus diupayakan untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Semua hal itu menunjukkan bahwa negara kita tak berkekurangan talenta-talenta hebat. Namun ia menegaskan, terobosan baru yang dilahirkan para talenta itu tak bisa muncul begitu saja.

“Inovasi membutuhkan ekosistem yang kondusif. Ekspo ini adalah salah satu contoh ekosistem tersebut. Kita harus terus memfasilitasi kerja sama antar-stakeholder, memperkuat multiple helix, dan memperkuat kolaborasi antara para inovator dengan industri, pemerintah, juga masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya fasilitasi kerja sama dan kolaborasi tersebut, maka karya-karya para inovator tak akan berhenti hanya pada tahap purwarupa saja. Tapi dapat berlanjut menuju produksi massal dan bahkan bergerak ke arah investasi komersial.

Baca Juga :  Indonesia More Than Ready Untuk Menjaga Perdamaian Rakhine State

“Nantinya, beragam inovasi yang diproduksi tersebut tak hanya dapat memberi solusi bagi masalah-masalah dalam masyarakat. Tapi juga memberi nilai tambah bagi perekonomian nasional. Termasuk menciptakan lapangan kerja baru,” imbuhnya. (ARB)

Loading...