Mana Solidaritas Dunia Untuk China? Opini Tubagus Soleh

Lakoni Lockdown dengan Penuh Kegembiraan. Opini Tubagus Soleh

Mana Solidaritas Dunia Untuk China? Oleh: Tubagus Soleh, Ketum Babad Banten Pusat.

Kita harus acungi jempol kepada Presiden Jokowi sebagai Kepala Pemerintahan yang tidak mengeluarkan larangan kepada Turis China untuk berkunjung ke Indonesia. Terkait dengan sedang mewabahnya virus Corona di Wuhan China.

Sikap Friendly ini bukti bahwa Pemerintah Indonesia sangat berempati apa yang sedang menimpa Negara Sahabat RRT. Menunjukkan empati disaat terkena musibah kepada negara sahabat akan sangat membesarkan jiwa dan merupakan dukungan moril yang lebih berharga dari bentuk bantuan apapun. China, saya kira tidak membutuhkan bantuan dalam bentuk material tapi lebih pada dukungan moril.

610X200 HUT Kapuas

Namun lucunya dunia, malah menunjukkan sikap yang membikin hati melongo. Alih alih menunjukkan sikap simpati dan empati malah bersikap menutup diri dari China hanya karena wabah virus Corona yang mewabah negeri Wuhan. Seolah olah Wuhan adalah seluruh China. Sehingga sikap kita tidak bijak dalam memandang masalah yang ada.

700 Covid Hariannkri

Saya belum melihat dunia menunjukkan sikap solidaritasnya kepada China. Bahkan belum Ada satu negara pun yang terdengar menyiapkan relawan untuk membantu China. Yang ada baru ada travel warning untuk warga China. Inikah bentuk solidaritas dunia yang sering didengungkan dunia?

Baca Juga :  Penyebaran Corona di Eropa Sangat Cepat dan Menegangkan

Musibah China adalah contoh kecil dari sikap munafik negara2 yang selalu menyeruakan perdamaian dunia, solidaritas dunia dan kesetaraan dunia. Tapi melongo hatinya ketika ada negara sahabat yang terkena musibah. Alih alih memberikan dukungan agar terus bersemangat. Tapi malah memilih sikap mengisolasi negara sahabat itu sendiri.

Jangan biarkan China berjuang sendirian dalam mengatasi musibah wabah virus Corona. Sebagai Negara Sahabat China, Indonesia harus berbuat sesuatu untuk membantu China.

Wahai dunia, lupakan sejenak persaingan dagang global. Mari sejenak kita tunjukkan solidaritas untuk China yang sekarang terkena musibah Virus Corona. Sekarang China yang terdampak, Entah kapan negara anda yang terkena dampak. Setidaknya, mari kita doakan China sebagai negara sahabat Indonesia agar bisa cepat pulih seperti sediakala. Amiin.

Baca Juga :  Zayu Srikandi Melayu Hadir di Wisata Festival Kuwung Banyuwangi
700 Covid Hariannkri
Loading...