Laksanakan Intruksi Presiden Tak Ada Mudik Lebaran, Polda Jateng Gelar Rakor Lintas Sektoral

Laksanakan Intruksi Presiden Tak Ada Mudik Lebaran, Polda Jateng Gelar Rakor Lintas Sektoral
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Gubenur Jateng Ganjar Pranowo dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Kamis (29/4/2021)

HARIANNKRI.ID – Untuk melaksanakan istruksi Presiden Jokowi tentang ditiadakannya mudik lebaran 2021, Polda Jateng melaksanakan Rakor Lintas Sektoral dalam Operasi Ketupat Candi 2021. Dalam rakor ni dibahas pentingnya Operasi Ketupat Candi 2021 untuk menjaga Kambtibmas saat lebaran dan pencegahan Covid-19.

Rakor Lintas Sektoral dalam Operasi Ketupat Candi 2021 digelar di Ruang Vicon Lt. 7 Mapolda Jateng, Pukul 08.00 Wib, Kamis, (29/4/2021). Hadir Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro, Gubenur Jateng. Hadir pula Waka Polda Jateng, seluruh Kepala Dinas Provinsi, PJU Polda Jateng, PJU Pangdam IV Diponegoro, Kapolres se-Jateng, Kakanwil Kemenag Provinsi dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, serta Satpol PP Jateng.

“Ini merupakan suatu perintah dari Kapolri dalam melaksanakan kegiatan Operasi Ketupat Candi 2021. Dimana kegiatan ini dilaksanakan, dalam menghadapi lebaran tahun ini,” kata Kapolda Jateng.

Lanjutnya, pada rakor tersebut, semua pihak menyamakan persepsi untuk menghadapi sebelum dan sesudah kegiatan lebaran 2021. Ia menekankan, rakor ini sangat penting karena terkait dengan keamanan Kambtibmas saat lebaran dan pencegahan Covid-19.

“Hal ini dilakukan dalam rangka pecegahan Covid 19 pada lebaran ini. Sebagaimana arahan ataupun intruksi Presiden dengan ditiadakan mudik lebaran ini,” tegas Kapolda Jateng.

Ahmad Luthfi menambahkan, berdasarkan Kepres no 9, Gubenur adalah komandan satuan gugus tugas Covid-19. Sedangkan Pangdam serta Kapolda sebagai wakil Komandan gugus tugas Covid-19. Karenanya, sudah selayaknya Polda Jateng mendukung seluruh kebijakan demi mencegah penularan Covid-19.

“Dimana selalu ada kebijakan kebijakan Gubenur yang kita dukung dalam kegiatannya. Kita mempunyai kegiatan operasi Amannusa, dimana kegiatan Amannusa ini dilakukan untuk pencegahan Covid-19. satgas Amannusa ini bertugas selama 28 hari dalam melaksanakan Operasi Ketupat Candi 2021,” tutup Kapolda Jateng.

Gubernur dan Pangdam Dukung Langkah Polda Jateng Lakukan Penyekatan Kendaraan Mudik Lebaran

Dukungan juga disampaikan oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto. Ia mengungkapkan, bahwa Kodam IV Diponegoro sangat mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah dalam pencegahan Covid 19, untuk ditiadakan mudik lebaran tahun ini.

“Kami mendukung penyekatan yang dilakukan Polda Jateng. Kita juga sudah siapkan pasukan di koramil dan kodim untuk di perbantukan dalam operasi penyekatan tersebut. Pasukan kami siap membantu dan melakukan Oprasi Ketupat Candi 2021 ini,” kata Pangdam IV Diponegoro.

Langkah Polda Jateng untuk melakukan penyekatan sejak awal untuk pemudik dari luar Jateng juga mendapat dukungan dari Gubenur Jateng Ganjar Pranowo. Ia mengingatkan, gelombang penularan Covid 19 ini, masih meningkat di setiap kabupaten di Jawa Tengah.

“Dari data yang masuk, jumlah pemudik saat ini di Jateng sudah mulai meningkat, hal ini menjadi perhatian kita, untuk itu nanti kita akan lakukan Tracing bersama Dinas Kesehatan dan jajaran TNI dan Polda Jateng kepada masyarakat,” ujat Gubenur Jateng.

Ia menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, agar tidak menimbulkan klaster baru Covid-19. (STA)

Loading...