Indonesia Dalam Konflik Hibrida 2021

Indonesia Dalam Konflik Hibrida 2021
Koordinator Eksekutif JAKI (Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional) Yudi Syamhudi Suyuti

Indonesia Dalam Konflik Hibrida 2021. Ditulis oleh: Yudi Syamhudi Suyuti, Koordinator Eksekutif JAKI (Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional).

Konflik hibrida sedang terjadi saat ini di tingkat lokal, nasional dan global. Kasus Papua, Tekanan pada Politik Islam berbarengan dengan munculnya kembali terorisme, Pelemahan Demokrasi dan Prinsip-Prinsip Kemanusiaan, Korupsi, Terkurasnya APBN hingga Defisit Tinggi dan Perebutan Distributor Vaccine beserta sejumlah Bisnis Cabang-Cabangnya. Ini contoh beberapa yang terjadi di Indonesia dan Global.

Di luar itu semua 2021 adalah habisnya kontrak-kontrak perjanjian internasional hampir dibanyak Negara termasuk Indonesia. Bersamaan dengan berkembangnya virus global Pandemi Covid 19.

Dalam kasus yang terjadi saat ini, geopolitik dan geososial saling menjalin relasi kuat dengan menggunakan saluran-saluran informasi teknologi yang semakin maju.

Baca Juga :  Kampanye Militer Internasional dan Kedaulatan Rakyat Untuk Kemanusiaan

Persoalannya, adalah bagaimana Indonesia dapat berada pada posisi yang kuat saat ini, itu yang harus menjadi dasar strategi utama memenangkan konflik hibrida saat ini.

Yaitu Negara harus kembali pada kekuatan utamanya, Rakyat.

Loading...