Papua Darurat Perang Internasional, Presiden Didesak Keluarkan Darurat Nasional

Papua Darurat Perang Internasional, Presiden Didesak Keluarkan Darurat Nasional
Koordinator Eksekutif Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional (JAKI) Yudi Syamhudi Suyuti, Sabtu (27/7/2019) di D Hotel, Jakarta

Papua Darurat Perang Internasional, Presiden Didesak Keluarkan Darurat Nasional. Ditulis oleh: Yudi Syamhudi Suyuti, Koordinator Eksekutif JAKI (Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional).

Prediksiku, ditangkapnya Victor Yeimo juru bicara Komite Nasional Papua Barat (KNPB) akan mendorong masuknya intervensi internasional melalui dibentuknya kelompok-kelompok militer sukarelawan atau gerilyawan-gerilyawan yang berasal dari negara-negara di sekitar wilayah Papua. Seperti Papua Nugini, Vanuatu, dan lain-lain yang bukan merupakan kelompok legal negara-negara tersebut tentunya. Kelompok-kelompok ini kemungkinan akan terbentuk dan masuk ke Papua dan bergabung dengan KKB OPM.

Menurut saya, jika terjadi perang akan melebar. Dan sebaiknya Presiden bertemu DPR RI untuk membahas segala kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi untuk menetapkan situasi nasional. Situasi nasional tersebut seperti darurat sipil, darurat nasional dan darurat Papua atau apa pun itu, dengan tetap berbasis prinsip-prinsip kemanusiaan. Targetnya adalah untuk mencapai perdamaian.

Baca Juga :  Koordinator JAKI: Tahukah Jokowi Bahwa Kita Ini Sedang Dijajah Cina?

Saya pikir, Joko Widodo sebagai presiden harus lebih aktif untuk mengeksekusi resolusi Papua hingga benar-benar tuntas. Namun, ada hal yang harus diperhatikan bahwa masalah Papua ini tidak berdiri sendiri secara nasional. Akan tetapi merupakan persoalan yang juga tidak bisa dilepaskan dari masalah internasional. Akan tetapi semua itu tidak perlu dikhawatirkan.

Loading...