Petasan Meledak di Kudus Karena Gagal Meracik Mercon, 1 Orang Tewas

Petasan Meledak di Kudus Karena Gagal Meracik Mercon, 1 Orang Tewas
Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma saat konferensi pers di loby Mapolres Kudus, Jumat (14/5/2021)

HARIANNKRI.ID – Kejadian gagal meracik mercon hingga petasan meledak di Kebumen beberapa hari lalu, juga terjadi di kabupaten Kudus dengan penyebab yang sama. Akibat kejadian tersebut, 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

Kabar ini dibenarkan Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma dalam konferensi pers di loby Mapolres Kudus, Jumat (14/5/2021). Peristiwa tersebut terjadi tanggul sekitaran Mushola Sabilil Biri Dukuh Ngeseng Desa Karangrowo Kecamatan Undaan, Rabu (12/5/2021) sekitar pukul 19.30 WIB.

“Petasan yang meledak dengan dimensi 50 cm dan diameter sekitar 10 cm,” kata Kapolres Kudus.

Ia pun menjelaskan, petasan meledak karena MD (20) gagal meracik mercon pada saat pembuatan. Petasan yang belum ada sumbunya tersebut oleh MD diberi sumbu dengan cara membuat lubang menggunakan jeruji besi.

Baca Juga :  Kapolda Jateng: Pelaku Petasan Meledak di Kebumen Beli Bahan Mercon Via Online

“Karena bagian atas petasan terbuat dari semen kemudian terjadi gesekan dan menimbulkan percikan api. Sehingga menyebabkan petasan meledak dan mengakibatkan 1 orang MD dan 3 orang mengalami luka,” ujarnya.

Lanjutnya, berdasarkan hasil pengembangan dan penyelidikan, petugas Polres Kudus kemudian mengamankan AM (42). Warga Pati ini diduga menjadi pemasok bahan mercon gagal racik tersebut.Dari AM, petugas mengamankan 21 buah petasan berdimensi 16 cm diameter 5 cm bersama barang bukti lainnya.

“Tersangka pemasok bahan baku petasan dijerat Pasal 1 Ayat (1) UU Darurat RI No. 12 Tahun 1951. Sesuai Laporan Polisi A Nomor : LP / 2 / V / 2021 / JTG / RES KDS tanggal 12 Mei 2021,” imbuhnya.

Kapolres Kudus Sesalkan Terjadinya Petasan Meledak

Peristiwa petasan meledak hingga menimbulkan nyawa melayang ini disesalkan oleh AKBP Aditya Surya Dharma. Padahal, menurutnya, Polres Kudus sudah melakukan sejumlah langkah preventif, namun masih terjadi juga.

Baca Juga :  Mengkritisi RUU Ketahanan Keluarga. Opini Djumriah Lina Johan

“Polres Kudus secara intensif telah mengerahkan semua anggota dari Polsek maupun Satuan Fungsi dalam upaya melakukan razia petasan. Sudah diperoleh hasil mengamankan petasan dan sudah dimusnahkan,” kata Kapolres Kudus.

Ia pun menghimbau masyarakat, selalu waspada dan menyadari akan bahaya bermain maupun membuat petasan. Kapolres Kudus pun meminta masyarakat untuk menginfirmasikan kepada pihak kepolisian jika mendapati pembuat atau penyulut mercon.

“Untuk dapat menginformasikan kepada Kepolisian apabila ada pembuat maupun penyulut petasan di wilayahnya masing-masing, atau bahkan bunyi ledakan petasan sekalipun. Nantinya akan segera kami ditindaklanjuti supaya kejadian tersebut tidak terulang kembali,” tutup Kapolres Kudus. (OSY)

Loading...