Kepala BNPB Temui Gubernur DKI Jakarta Bahas Penanganan Lonjakan Covid-19 di Ibu Kota

Kepala BNPB Temui Gubernur DKI Jakarta Bahas Penanganan Lonjakan Covid-19 di Ibu Kota
Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Letjen TNI Ganip Warsito dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta. Senin, (14/6/2021)

HARIANNKRI.ID – Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Letjen TNI Ganip Warsito menggelar pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Keduanya membahas tentang sinergi antara lembaganya dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada penanganan masalah Covid-19 di Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, Ganip menjelaskan, angka penularan Covid-19 yang kembali melonjak dalam beberapa waktu terakhir terutama di Jakarta. Penanganan di wilayah Jakarta menjadi penting karena merupakan ibu kota negara yang kerap menjadi contoh bagi daerah lain

“Sehingga saya dengan Pak Gubernur harus bersinergi harus saling mendukung dan saling bekerja sama seperti konsep yang saya buat. Kita harus memainkan 3K, yaitu komunikasi, koordinasi, kolaborasi,” ujar Ganip Warsito di Balai Kota DKI Jakarta. Senin, (14/6/2021).

Ganip Warsito juga meminta kepada Anies untuk melakukan penambahan ICU dan tempat tidur untuk pasien untuk isolasi terkendali, OTG, termasuk ringan dan sedang. Lokasi isolasi pun juga rencananya akan diperbanyak.

Baca Juga :  GPI Jakarta Raya: Djakarta Warehouse Project Konser Maksiat

“Lalu yang terpenting adalah bagaimana kita menegakkan protokol kesehatan, terutama dalam konteks penggunaan masker,” ucap Ganip Warsito.

Gubernur DKI Jakarta Apresiasi Respon Kepala BNPB

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta mengapresiasi atas respon Kepala BNPB Ganip Warsito terkait lonjakan kasus aktif Covid-19 beberapa pekan terakhir di DKI Jakarta. Ia mengakui, lonjakan yang terjadi memang membutuhkan intervensi seluruh pihak.

“Kami berterima kasih sekali, kami apresiasi tidak mungkin kami bisa melindungi semua warga yang di Jakarta tanpa ada kerjasama dan support dari BNPB,” ujar Anies.

Menurut Anies pertemuan tersebut sangat produktif karena membahas rencana aksi yang bisa dilakukan untuk penanganan dan antisipasi lonjakan COVID-19 di Ibu Kota.

Baca Juga :  Nelly Siringo Ringo: Dipidanakan Karena Membuka Email Saya Sendiri

“Kami sangat bersyukur pertemuan tadi sangat produktif, kita membahas tentang rencana-rencana aksi yang akan bisa kita lakukan di Jakarta, dan komunikasi ini sudah terjalin juga sebelum pertemuan. Karena kita menyadari bahwa ada kebutuhan untuk antisipasi atas lonjakan yang sekarang ada,” kata Anies.

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir penambahan kasus Covid-19 harian di Ibu Kota menyentuh angka di atas dua ribu. Dinas Kesehatan mencatat ada 2.769 kasus Covid-19 baru di Ibu Kota pada 13 Juni 2021. Sebelumnya, pada 12 Juni 2021 ada 2.455 kasus, sedangkan pada 11 Juni 2021 terjadi penambahan 2.293 kasus dan 2.096 kasus pada 10 Juni 2021. (ANW)

Loading...