Letkol Mar Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M Resmi Menjabat LO TNI AL Kodam IV/Diponegoro

Letkol Mar Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M Resmi Menjabat LO TNI AL Kodam IV/Diponegoro
Letkol Mar Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M (kanan) Resmi Menjabat LO TNI AL Kodam IV/Diponegoro menggantikan Kolonel Mar Roy Budhi Subroto (kiri) di Balai Diponegoro, Komplek Makodam IV/Diponegoro, Watu Gong, Jumat (23/7/2021)

HARIANNKRI.ID – Letkol Mar Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M secara resmi menjalani penugasan barunya sebagai LO (Liaison Officer) TNI AL Kodam IV Diponegoro. Berdasarkan Salinan Keputusan Panglima TNI No Kep/548/VI/2021, tertanggal 24 Juni 2021, ia menggantikan pejabat sebelumnya Kolonel Mar Roy Budhi Subroto.

Acara Laporan Korps serah terima Jabatan LO TNI AL dipimpin oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto. Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Diponegoro, Komplek Makodam IV/Diponegoro, Watu Gong, Jumat (23/7/2021). Pada kegiatan tersebut dilakukan pula penyerahan jabatan Kainfolahtadam serta penerimaan jabatan Kapuskodalopsdam IV/Diponegoro.

Melalui amanatnya Mayjen TNI Rudianto mengucapkan banyak terima kasih atas dedikasi serta karya nyata yang selama ini dilakukan kepada Kodam IV/Diponegoro. Ia berharap, kepercayaan yang diberikan kepada pejabat baru sebagai bentuk kehormatan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan TNI guna sebagai landasan untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya agar dapat meningkatkan kinerja organisasi serta membawa perubahan kearah yang positif.

“Ingat, bahwa kepemimpinan yang hebat dimulai dengan kesediaan hati, sikap positif, dan keinginan untuk membuat perbedaan,” kata Pangdam IV/Diponegoro.

Letkol Mar Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M Resmi Menjabat LO TNI AL Kodam IV/Diponegoro

Dihubungi hariannkri.id melalui pesan WA, Letkol Mar Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan TNI AL dan Korpsnya atas kepercayaan yang diberikan. Ia juga menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas barunya dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :  Koordinator FPI Paparkan Sejumlah Kasus Rizieq Shihab

“Kami atas nama pribadi dan keluarga menghaturkan terima kasih kepada Pimpinan TNI AL dan Korps Marinir atas amanah yang diberikan. Karena hari ini kami mendapat Penugasan baru sebagai LO AL Kodam IV/Diponegoro. Dan juga selalu mohon arahan, petunjuk, bimbingan dari Pangdam IV/Diponegoro akan tugas-tugas yang diberikan agar dapat kami laksanakan dengan sebaik-baiknya dan dapat berjalan dengan lancar,” kata Letkol Mar Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M, Jumat (23/7/2021) malam.

LO TNI AL Kodam IV/Diponegoro ini berharap, dengan kebersamaan semua pihak, Covid-19 segera berakhir. Tak lupa ia pun memohon perlindungan dan kesehatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kami juga berdoa semoga pandemi ini segera dapat diatasi dan dapat selesai dengan adanya sinergitas antara TNI/Polri dan aparat pemerintah serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Semoga kita semua selalu diberikan nikmat kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Yaa Robbal Allaamiin,” tutupnya.

Letkol Mar Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M Resmi Menjabat LO TNI AL Kodam IV/Diponegoro

Fungsi dan Tugas Letkol Mar Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M Sebagai LO TNI AL Kodam IV/Diponegoro

LO adalah Perwira Staf khusus dari suatu komando yang dapat merupakan Dan/Wakil dari Komandan Satuan bantuan, Wakil dari unsur Angkatan lain dan Wakil dari Angkatan Bersenjata Negara lain. Perwira Liaison yang berada di Kodam dijabat oleh seorang Perwira Menengah TNI berpangkat Kolonel.Terdiri dari perwakilan TNI AL dan TNI AU.

Baca Juga :  Tenaga Ahli Kepala BNPB Tegaskan Doni Monardo Belum Divaksin

LO TNI AL maupun AU bertindak sebagai penghubung angkatannya dengan Kodam dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas. Baik dalam OMP (Operasi Militer Perang) atau OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

Keberadaan perwira LO mempunyai peran, tugas dan tanggung jawab dalam hal menyampaikan pertimbangan dan saran tentang hal-hal yang berhubungan dengan pendayagunaan dan penggunaan  Alutsista angkatannya. LO juga bertugas membantu staf Kodam dalam perencanaan, pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan operasi atau kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan matra lain dalam rangka mendukung suksesnya penyelesaian tugas pokok Kodam di jajaran TNI AD. Selain itu, membantu staf teritorial Kodam dalam mendata kekuatan yang dibina matranya yaitu potensi  kemaritiman dan potensi kedirgantaraan  guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang. (STA)

Loading...