Pemimpin. Opini I Wayan Budiartawan

Pemimpin. Opini I Wayan Budiartawan
Ilustrasi Pemimpin

Pemimpin. Oleh: I Wayan Budiartawan, Penulis Buku.

Siapa pemimpin Indonesia di masa mendatang ? Jawabannya beragam. Ada yang berpendapat dari kalangan militer yang kuat kaderisasinya. Ada juga suatu saat muncul figur sipil lulusan perguruan tinggi yang mempunyai keahlian tertentu. Pokoknya jamak pemimpin biasanya dari kalangan ormas yang berdasarkan jumlah pengikut setianya.

Petinggi militer muncul manakala ada masalah dengan stabilitas keamanan. Bisa dibenarkan atau bisa juga keliru. Benar karena keamanan terjamin sehingga pembangunan tidak terganggu. Keliru karena dikhawatirkan muncul negara fasis. Atau presiden bertangan besi menindas lawan-lawan politiknya.

610X200 HUT Kapuas
700 Covid Hariannkri

Tradisi perguruan tinggi menghasilkan pemimpin seperti Ir. Sukarno (ITB) dan Ir. Joko Widodo (UGM) perlu diperhitungkan di masa depan. Universitas tempat mahasiswa/i digodok untuk menjadi pemimpin negeri ini. Digembleng agar menjadi pemimpin yang tangguh. Gelombang demonstrasi mahasiswa/i meruntuhkan sekat-sekat lama dan melihat paradigma baru.

Baca Juga :  Pemimpin, Rakyat dan Cinta Dalam Wabah Covid-19. Opini Alfaris Yasir

Pimpinan model ormas pernah menghasilkan Gusdur (NU) dan Amien Rais (Muhammadiyah). Pimpinan seperti ini bertumpu pada kharismanya sebagai pemimpin ormas. Juga kecendikiaan yang mewarnai pemikirannya. Gusdur telah menjadi bapak bangsa. Siapa menyusul ? Pimpinan model ormas mungkin agak kuno.

700 Covid Hariannkri
Loading...