Delegasi PWI Pusat Paparkan Indonesian Press Road Map Against Covid-19 di Konferensi Wartawan se-Dunia

Delegasi PWI Pusat Paparkan Indonesian Press Road Map Against Covid-19 di Konferensi Wartawan se-Dunia
Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat PWI Pusat Mohammad Nasir saat menyampaikan Indonesian Press Road Map Against Covid-19, Senin (19/4/2021)

HARIANNKRI.ID – Delegasi PWI Pusat mempresenrasikan Indonesian Press Road Map Against Covid-19 Konferensi Wartawan se-Dunia (World Journalists Conference) 2021 yang diselenggarakan di Seoul Korea Selatan. Rapat perencanaan liputan yang menyeluruh dan perlunya road map sanagt penting dalam mensosialisasikan penanganan covid-19.

Denikian disampaikan Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Mohammad Nasir saat menjadi pembicara di konferensi yang berlangsung selama dua hari (19-20 April 2021) tersebut. Ia menyampaikan presentasinya berjudul Indonesian Press Road Map Against Covid-19.

“Siapa bilang pers tidak punya peran dalam menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19-red)? Media pers sebagai pilar demokrasi keempat memang tidak punya peralatan medis, masker, pelindung diri, dan vaksin Covid yang sangat dibutuhkan masyarakat. Akan tetapi pers punya peran mensosialisasikan semua rangkaian program penanganan pandemic covid-19 sampai tuntas,” kata Nasir, Senin (19/4/2021).

Lanjutnya, di masa Pandemi Covid-19, Pers mengarahkan perencanaan liputan sesuai peta perjalanan (road map) menuju pos terakhir penanganan covid-19. Pers harus mempunyai perencanaan liputan yang baik dan komprehensif sampai pasca corona. Perencanaan kemudian merealisasikan melalui pemberitaan-pemberitaan dengan informasi yang benar. Dengan membuat visual yang jelas dan tidak multi tafsir, serta menyajikan statistik yang terus berubah setiap hari.

Baca Juga :  LASKAR Minta Tempat Hiburan Malam di Banyuwangi Pasang CCTV

“Tanpa perencanaan yang baik, pers akan kehilangan arah, kehilangan strategi dalam menanggulangi penanganan virus corona-19. Karena itu, pers harus menetapkan road map melawan covid supaya seiring dan sejalan dengan upaya penanganan pemutusan mata rantai penularan Covid-19 yang dilakukan Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan semua pihak yang terlibat,” ujar Delegasi PWI Pusat ini.

PWI Pusat Paparkan Indonesian Press Road Map Against Covid-19

Nasir menyampaikan, di ujung road map sampai tahun ini, yaitu April- Desember 2021, media pers terus mengawal pelaksanaan vaksinasi Copvid-19 hingga mencapai pelayanan seluruh penduduk Indonesia. Sementara itu pers juga mulai mengkondisikan suasana normal. Menurutnya, pemberitaan pers seharusnya mulai diarahkan pada seluruh kegiatan ekonomi. Seperti wisata, kuliner, pasar, industri, eksport-import, dan kesibukan di airport, serta kegiatan perkotaan.

“Pemberitaan ini bertujuan mengisi bacaan masyarakat supaya pikiran mereka beralih pada kondisi normal setelah corona-19 mulai menghilang. Melalui pemberitaan yang positif pada gilirannya diharapkan pertumbuhan ekonomi akan pulih seperti sebelum terjadi pandemi Covid-19. Inilah peran pers Indonesia dalam keikutsertaan memulihkan keterpurukan kehidupan setelah pandemic Covid-19,” tutur Nasir.

Baca Juga :  Peringati Hari Pers Nasional, PWI Muba Gelar Bazar Pasar Malam

Tahapan-tahapan pemberitaan Covid-19 sesuai road map yang dibuat pers Indonesia, sebenarnya sudah dilakukan ketika virus ganas tersebut mulai mewabah pada Januari 2020.

Bulan Januari 2020 misalnya telah menjadi awal road map media pers dalam mengawal penanganan pandemi Covid-19. Bentangan road map itu jelas, mulai Januari 2020, ketika wabah virus corona (covid-19) menyebar dari Wuhan, China. Peta perjalanan pers dalam keikutsertaan melawan Covid-19 juga ditampilkan mulai Februari 2020 sampai Maret. Dan bulan-bulan berikutnya sampai Desember 2021.

“Ini terlihat dari siaran radio seluruh dunia yang kami pantau lewat Radio Garden (internet) memberitakan Covid-19. Begitu pula televisi, media cetak, dan media siber, tidak ada yang ketinggalan memberitakan Covid-19 dengan berbagai sudut pandang,” tutup Delegasi PWI Pusat. (OSY)

Loading...