Kejati Jateng Terima Penghargaan Dari Pelindo III

Kejati Jateng Terima Penghargaan Dari Pelindo III
Kajati Jateng, Priyanto SH MH saat menerima piagam penghargaan dari Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto, Selasa (20/4/2021)

HARIANNKRI.ID – PT Pelindo III (Persero) memberikan penghargaan kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah (Kejati Jateng) yang diklaim telah menyelamatkan uang negara sekitar 70 miliar. Penghargaan ini diberikan karena Jaksa Pengacara Negara berhasilan menjadi kuasa PT Pelindo III (Persero) dalam menangani klaim ganti rugi atas insiden MV Soul Of Luck yang menabrak dermaga peti kemas Semarang pada tanggal 14 Juli 2019 lalu.

“Banyak terima kasih kepada Kejati Jateng yang sudah membantu dalam menangani perkara tersebut,” kata Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto di Gedung Kejati setempat lantai 6 Aula Soeprapto, Selasa (20/4/2021) pukul 16.00 WIB.

Ia menuturkan, insiden tersebut mengakibatkan kerusakan pada Container Crane 03. Kerusakan juga terjadi pada Struktur Dermaga Peti Kemas, Head Truck dan Trailer. Boy menyebut, kerugian beban pengeluaran biaya evakuasi Container Crane 03 dan Kerugian usaha.

Baca Juga :  Buron Terpidana Perkara Pajak 20 Miliar Ditangkap Kejari Pontianak

“Pada kasus sengketa non litigasi tersebut, Kejati Jateng berhasil menyelamatkan uang negara sebesar 5 juta USD atau setara Rp 70 miliar. Sebagai nilai ganti rugi atas kerusakan yang ditimbulkan oleh insiden MV Soul Of Luck,” ujarnya.

Ia menambahkan, insiden tersebut mengakibatkan pihaknya kekurangan satu crane selama 20 bulan. Sebab alat ini hancur dan tidak bisa difungsikan. Dengan adanya ganti rugi ini, Boy menyebut, pihaknya bisa kembali membeli crane.

Kejati Jateng Siap Dampingi Proyek Strategis Nasional

Sementara itu Kajati Jateng, Priyanto SH MH mengatakan, pihaknya siap melakukan pendampingan jika dibutuhkan. Terlebih lagi jika berkaitan dengan Proyek Strategis Nasional.

“Jika terdapat permasalahan, JPN Kejati Jateng siap melakukan pendampingan dan pengawalan. Khususnya untuk proyek strategis nasional,” kata Kajati Jateng. (STA)

Baca Juga :  Beli Mobil Bekas di Toyota Trust, Gratis Tol Selama Setahun
Loading...