Salatin Asyraf Azzahra, Wadah Para Dzuriat Bani Hasyim Trah Kesultanan Nusantara

Salatin Asyraf Azzahra, Wadah Para Dzuriat Bani Hasyim Trah Kesultanan Nusantara

HARIANNKRI.ID – Kehadiran lembaga Salatin Asyraf Azzahra disebut-sebut mendapat apresiasi dari para dzuriat Trah Kesultanan dan Kerajaan dari Bani Hasyim Nusantara. Saat ini tercatat sudah ada 16 kerajaan dan kerabat Kesultanan yang bergabung di Salatin Asyraf Azzahra.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Lembaga Salatin Asyraf Azzahra Habib Andi Alwi Asyathiri kepada hariannkri.id di Tangerang Banten, Sabtu (5/6/2021). Ia menjelaskan, sebanyak 16 kerajaan dan Kekerabatan Sultan yang telah menyatakan diri bergabung. Seperti Kesultanan Kodriyah Pontianak, Kerajaan Kubu, Bontoala, Tallo, Gowa, Galesong, Kertamulya, Kerabat Kerajaan Arung Paroto Bone, Kerabat Kerajaan Banjar, Ambawang, kerabat Kesultanan Giri Kedaton, Kerabat Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, kerabat Kadipaten Mangkunegaran, Kerabat Kesultanan Bangkalan Madura dan Kerabat Kesultanan Banten yang bekerjasama dengan Babad Banten.

“Ini membuktikan kehadiran lembaga Salatin Asyraf Azzahra yang fokus hanya mencatat dzuriat Trah Kesultanan khusus Bani Hasyim Nusantara dapat diterima. Dan mendapat tempat di hati para kerabat Kesultanan,” kata Habib Andi Alwi Asyathiri.

Baca Juga :  Polres Jeneponto Gelar Dzikir dan Doa Bersama Akhir Tahun

Salatin Asyraf Azzahra Wadah Berhimpun Dzuriat Bani Hasyim Trah Kesultanan Nusantara

Lebih lanjut Habib Alwi menerangkan, lembaga ini didirikan untuk menjadi wadah berhimpun para dzuriat Bani Hasyim khusus Trah Kesultanan Nusantara. Siapapun yang masih keturunan Sultan dan Raja silahkan bergabung dengan Asyraf Azzahra.

“Kami tidak membeda-bedakan berasal dari Qobilah mana. Yang paling penting Trah Kesultanan,” tegasnya.

Habib Andi Alwi berharap, kehadiran Salatin Asyraf Azzahra menjadi oasis bagi Trah Kesultanan. Sehingga mereka bisa berkiprah dalam membangun bangsa dan negara. Menurutnya, bangsa dan negara ini lahir tidak lepas dari peran penting para leluhur.

“Jangan sampai trah Para sultan dan raja tidak memiliki sikap mental sense of belonging atau rasa memiliki terhadap bangsa dan negara ini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bupati Pali Siapkan Perbup Peningkatan Kesejahteraan Guru Honorer

Ia menambahkan, kehadiran Salatin Asyraf Azzahra selain fokus pada pencatatan nasab dzuriat trah Kesultanan, juga fokus dalam menumbuhkan semangat bela negara. Hal ini selaras dengan program pemerintah yang sedang menghidupkan semangat Bela Negara bagi warga Negara.

“Untuk itu Salatin sebagai organisasi Trah Kesultanan Nusantara sangat setuju dan siap bekerjasama dengan berbagai pihak.” pungkas Habib Andi Alwi. (TMS)

Loading...