Salatin Asyraf Azzahra, Lembaga Pencatat Para Dzuriat Trah Sultan

Salatin Asyraf Azzahra, Lembaga Pencatat Para Dzuriat Trah Sultan
Ketua Salatin Asyaraf Azzahra Habib Andi Alwi Asyathiri

HARIANNKRI.ID – Salatin Asyraf Azzahra memiliki badan nasab yang khusus mencatat para keturunan Sultan dan Raja dari Bani Hasyim di Indonesia. Tujuan pencatatan ini untuk menjaga pertalian kekerabatan dan mengantisipasi terjadinya pengaburan sejarah.

Demikian disampaikan Ketua Salatin Asyraf Azzahra Habib Andi Alwi Asyathiri saat ditemui hariannkri.id di Tangerang, Rabu (2/6/2021). Ia menuturkan, saat ini pihaknya tengah fokus mencatat nasab dzuriat para Sultan dan Raja dari Bani Hasyim yang ada di Nusantara.

“Kita fokus hanya mencatat nasab dzuriat Para Sultan dan Raja dari Bani Hasyim yang di Nusantara. Seperti  Kerajaan Kubu, Kodriyah Pontianak, Bontoala, Tallo, Gowa, Galesong, Kertamulya, Kerabat Kerajaan Banjar dan Ambawang. Untuk Kerabat kesultanan Banten kita bekerjasama dengan Babad Banten,” kata Habib Andi Alwi Asyathiri.

Baca Juga :  Aing Mah Banten, Ilmu Banten dan Babad Banten

Lanjutnya, tujuan pencatatan ini agar silsilah nasab keturunan Sultan dan Raja tetap bisa terjaga, terpelihara, dan lestari hingga akhir zaman. Menurutnya, selama ini belum ada lembaga yang khusus fokus melakukan pencatatan nasab para dzuriat dari Trah kesultanan.

“Padahal jumlahnya sangat besar,” ujar Habib Andi Alwi.

Ia mengaku khawatir jika tidak dirapihkan sejak dini, berpotensi terjadi penyimpangan atau pengkaburan para keturunan Sultan dan Raja di Nusantara.

“Orang yang tidak ada pertalian dengan Trah kesultanan bisa saja mengaku-ngaku. Dampaknya bisa terjadi pengaburan sejarah. Dan ini sangat merugikan kami sebagai trah langsung kesultanan,” tutup Habib Andi Alwi Asyathiri. (TMS)

Loading...