Stok Vaksin Menipis, Serbuan Vaksinasi TNI AL Puspenerbal Diberhentikan Sementara

Stok Vaksin Menipis, Serbuan Vaksinasi TNI AL Puspenerbal Diberhentikan Sementara
Danpuspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M. Han. saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Terminal 2 Bandara Juanda, Jumat (30/7/2021)

HARIANNKRI.ID – Serbuan Vaksinasi TNI AL melalui Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) yang dilaksanakan di Bandar Udara Terminal 2 Juanda Sidoarjo, terpaksa dihentikan sementara. Hal ini disebabkan stok vaksin yang dimiliki oleh Rumah sakit dr. Soekantyo Jahja Lanudal Juanda sudah menipis.

Demikian dikatakan Danpuspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M. Han., saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Terminal 2 Bandara Juanda, Jumat (30/7/2021). Ia mengatakan, animo masyarakat masih cukup tinggi terkait dengan kegiatan vaksinasi ini. Padahal, ia menekankan, Puspenerbal selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat setempat.

“Hari ini merupakan hari terakhir serbuan vaksinasi sesi pertama dikarenakan stok vaksin menipis. Namun akan kita lanjutkan setelah kita menerima dukungan vaksin dari Dinas Kesehatan (Dinkes-red) Provinsi Jawa Timur,” kata Laksamana Muda TNI Edwin.

Lanjutnya, berdasarkan data yang ia terima, saat ini stok vaksin yang ada hanya sekitar 100 dosis saja. Minimnya stok vaksin tersebut tidak dapat memenuhi tingginya animo warga untuk mengikuti vaksinasi. Padahal, target vaksin pada hari Jumat (30/7/2021) sebanyak 1000 orang.

“Untuk diketahui, Puspenerbal sampai hari ini telah memvaksin 16.981 orang,” imbuh Danpuspenerbal.

Serbuan Vaksinasi TNI AL Mendapat Dukungan Masyarakat 

Diakhir keterangannya Danpuspenerbal menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah bersimapati kepada tim vaksinator. Masyarakat disebutnya mensupport mereka dari memberi support, memberi vitamin, makanan dan minuman.

Kegiatan serbuan vaksinasi ini dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari dr. Soekantyo Jahja yang berkolaborasi dengan FKPPI Sidoarjo, Stikes Hangtuah dan rekan-rekan dari CEO para relawan dan Wing Udara 2 sebagai administrasi.

“Serbuan Vaksinasi yang dilaksanakan oleh Puspenerbal sesuai dengan program pemerintah. Dan juga perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan begitu dapat membangkitkan kembali aktivitas sosial ekonomi Jawa Timur,” tutup Laksamana Muda TNI Edwin.

Sebelumnya, TNI AL melalui Koarmada II bekerjasama dengan Pemprov Jatim menyasar masyarakat di Pulau Bawean, sebuah pulau yang terletak di tengah Laut Jawa, berjarak 90 NM (165 KM) di utara Kota Surabaya. Koarmada II melaksanakan program vaksinasi di Pulau Bawean selama 3 hari, mulai 28 hingga 30 Juli 2021, dan mentargetkan 10.000 orang untuk divaksin selama pelaksanaan. (RED)

Loading...