Ciri-Ciri Kopi Yang Sehat Dan Baik Untuk Tubuh

Ciri-Ciri Kopi Yang Sehat Dan Baik Untuk Tubuh
Ilustrasi artikel Ciri-Ciri Kopi Yang Sehat Dan Baik Untuk Tubuh

HARIANNKRI.ID – Kopi yang enak banyak. Tapi kopi yang sehat? Ternyata belum tentu sebanyak yang enak-enak itu.

Tidak semua yang enak-enak ternyata sehat dan baik untuk tubuh kita. Padahal pada dasarnya kopi itu sendiri sudah sehat karena di dalamnya terkandung berbagai zat yang secara riset baik untuk kesehatan tubuh. Kafein sendiri terbukti banyak manfaatnya seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung koroner, membantu untuk lebih fokus dan produktif serta mendatangkan hormon yang membuat kita bahagia.

Di sini yang dimaksud kopi yang sehat adalah yang cocok dan tidak mengganggu jika dikonsumsi oleh tubuh kita. Ingat, kondisi tubuh tiap orang berbeda, begitu juga reaksi terhadap kopi yang dikonsumsi. Nah untuk lebih jelasnya berikut ciri-ciri kopi yang sehat untukmu!

Baca Juga :  Polres Kebumen Nge-Prank Lagi, Pengendara Antri Jadi “Korban”

Kopi Yang Sehat Tidak Menimbulkan Efek Samping yang Mengganggu Kesehatan

Lho memang kopi ada efek sampingnya? Ada mungkin untukmu, tidak untuk orang lain. Secara umum biasanya yang tidak mengganggu kesehatan itu adalah kopi yang segar. Bukan kopi yang sudah berbulan-bulan disimpan lalu dikonsumsi. Selain itu, beberapa orang tidak tahan mengkonsumsi robusta karena kadar kafeinnya yang lebih tinggi dari arabika. Tapi ada juga yang tak masalah. Intinya saat menikmati kopi dan kamu merasa baik-baik saja, itulah kopi yang sehat untukmu.

Kopi Yang Sehat Tidak Mengandung Pemanis, Perasa, Pewarna dan Zat Artifisial Lainnya

Pemanis alami saja tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, apalagi yang artifisial. Jadi jika kamu selama ini mengkonsumsi jenis kopi yang seperti ini, sebaiknya dihindari dan carilah alternatif yang lebih sehat. Kamu bisa mencampur kopimu dengan madu, stevia atau pemanis yang jauh lebih sehat ya

Baca Juga :  Refleksi Hari Lahir BJ Habibie, Riset Teknologi Nasional Makin Mundur?

Kopi Yang Sehat Tidak Berubah Aroma dan Bentuknya

Punya stok kopi lama tapi bentuk bijinya berubah atau aromanya sudah tak familiar? Mungkin kopimu itu sudah kadaluarsa dan tak layak konsumsi lagi. Jadi sebaiknya dibuang saja. Ciri-ciri fisik kopi yang masih layak konsumsi bisa dilihat dari bijinya. Apakah ada bintik-bintik yang warnanya tak merata? Atau saat dipecahkan sudah tak garing lagi? Aromanya pun bisa kentara. Jika sudah mencurigakan sebaiknya jangan diminum ya. (ottencoffee.co.id)

Loading...