Tarif Dasar Listrik Rencana Akan Naik Pada Awal Tahun 2022

Tarif Dasar Listrik Rencana Akan Naik Pada Awal Tahun 2022
Ilustrasi artikel berjudul Tarif Dasar Listrik Rencana Akan Naik Pada Awal Tahun 2022

HARIANNKRI.ID – Di tengah munculnya ancaman Covid-19 varian Omicron, Pemerintah berencana akan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) pada awal tahun 2022. Rencana ini mendapat tentangan keras dari fraksi PKS DPR RI.

Menurut Wakil Ketua FPKS DPR RI, Mulyanto, pihaknya menolak rencana Pemerintah menaikan tarif dasar listrik di awal tahun 2022. Alasannya, sekarang bukan saat yang tepat bagi Pemerintah menaikan TDL mengingat daya beli masyarakat masih rendah akibat dampak pandemi Covid-19.

Ia menegaskan, kalangan pengusaha dan industri juga menolak rencana kenaikan TDL ini. Mereka merasa keberatan karena baru saja menerima kewajiban menaikan batas upah minimum.

“Para pengusaha merasa kondisi perdagangan dan industri saat ini masih belum stabil,” kata Mulyanto di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Baca Juga :  Presiden Jokowi Minta Pasar Wouma di Wamena Direhabilitasi

Mulyanto menyebut Pemerintah harusnya peka dengan kesulitan yang dialami masyarakat. Dengan kondisi sekarang saja banyak masyarakat mengeluh dengan besarnya beban pengeluaran yang harus ditanggung. Apalagi nanti kalau tarif dasar listrik akan naik.

Dengan demikian Mulyanto merasa sekarang bukan saat yang tepat bagi Pemerintah melaksanakan penyesuaian tarif listrik ini.

“Pandemi kan belum selesai, bahkan kita kini dihantui varian baru Covid-19, yang diduga daya sebarnya lebih cepat, yakni varian Omicron. Alih-alih memperpanjang stimulus listrik, Pemerintah malah berwacana untuk menaikan tarif listrik,” kata Mulyanto.

Komisi VII “Ditikung” Pemerintah Terkait Rencana Kenaikan Tarif Dasar Listrik Tahun 2022

Mulyanto mengingatkan kenaikan tarif dasar listrik dapat memicu kenaikan inflasi. Dan inflasi akan melemahkan daya beli masyarakat, kemudian secara langsung akan menghambat laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga :  Nasdem Raja Ampat Siap Memenangkan AFU ORIDEK

Ia juga mempermasalahkan sikap Pemerintah yang melaporkan rencana kenaikan TDL tahun 2022 itu ke Badan Anggaran DPR RI. Menurutnya sikap Pemerintah itu tidak tepat karena seharusnya rencana kenaikan TDL itu dibicarakan dulu di Komisi VII DPR RI yang berwenang mengawasi sektor energi.

Menurut Mulyanto, langkah Pemerintah ini tidak elok dan bisa bikin kegaduhan baru yang tidak perlu.

“Tata kramanya kan seharusnya berbagai rencana ketenagalistrikan dari Pemerintah dibicarakan lebih dahulu dengan mitranya, yakni Komisi VII DPR RI, yang memang membidangi soal tersebut.  Tidak ke alat kelengkapan dewan (AKD) yang lain,” tutup Mulyanto. (OSY)

Loading...