Kasal: Tak Ada Tawar Menawar Untuk Urusan Kedaulatan dan Kehormatan Bangsa

Kasal: Tak Ada Tawar Menawar Untuk Urusan Kedaulatan dan Kehormatan Bangsa
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan, tidak ada kata tawar menawar untuk urusan kedaulatan dan kehormatan bangsa di Dermaga Madura Ujung, Markas Komando Armada II Surabaya, Senin (6/12/2021)

HARIANNKRI.ID – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan, tidak ada kata tawar menawar untuk urusan kedaulatan dan kehormatan bangsa. Sebagai ksatria pengawal samudera, Armada Republik Indonesia harus mampu menunjukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan. Terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di laut.

Hal ini ditegaskan Yudo Margono saat menyampaikan amanatnya sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021. Upacara ini digelar terpusat di Dermaga Madura Ujung, Markas Komando Armada II Surabaya, Senin (6/12/2021).

“Satu yard pun tidak akan kita mundur karena tidak ada tawar menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa. Prinsip ini harus kita pegang teguh meskipun nyawa taruhannya, “ kata Kasal.

Baca Juga :  Rahmat Himran: Ombudsman Heran, Baru Pertama Ini Sengketa Yayasan Bisa Dipidana

Hari Armada yang sejatinya jatuh pada tanggal 5 Desember ini, diperingati secara meriah. Terlihat dari aksi demonstrasi gabungan pasukan khusus TNI-Polri Full Mission Profile dan Fun Jump yang melibatkan Satkopaska, Taifib, Denjaka, Satgultor Kopassus, Tontaipur Kostrad, Denbravo Paskhas, dan Gegana Brimob, serta aksi 41 penerjun. Demo tersebut juga menjadi simbol dari integritas dan soliditas TNI-Polri dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Lebih lanjut Kasal mengungkapkan bahwa sebagai Prajurit Jalasena, Armada RI harus siap setiap saat dalam menjalankan amanat rakyat untuk menjaga lautan nusantara, karena Armada RI adalah tulang punggung kembalinya kejayaan maritim Indonesia seperti yang pernah dikatakan oleh Bung Karno dalam pidatonya, “Bangsa Indonesia tidak bisa menjadi bangsa yang kuat, tidak bisa menjadi negara yang kuat, jika tidak menguasai Samudra, jikalau tidak kembali menjadi bangsa maritim”.

Baca Juga :  Jakarta Islamic Centre Siap 24 Jam Terima Penyerahan Zakat

Hari Armada RI tahun 2021 yang mengusung tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh Indonesia Maju” ini ,merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan Armada RI. Keteladanan dari para sesepuh ini menjadi pegangan bagi generasi penerus saat ini dan di masa mendatang. (EST)

Loading...