Sahbirin Noor Jadi Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar Pusat

Sahbirin Noor Jadi Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar Pusat
Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor (kaus kuning) bersama tim formatur Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Pusatdi kediaman pribadinya, Selasa (10/1/2023) malam

HARIANNKRI.ID – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor bakal didaulat menjadi Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Pusat. Rencananya, pria yang akrab dipanggil Paman Birin ini akan dilantik sebelum tanggal 26 Januari 2023.

Bubuhan adalah sistem kekerabatan pada masyarakat Banjar dan Dayak Meratus yang bersandar pada kesamaan garis keturunan, tempat tinggal atau kesejarahan. Etnis Banjar adalah suku bangsa Indonesia atau kelompok etnis rumpun Dayak yang mayoritas mendiami wilayah Banjar di pesisir tenggara Kalimantan (khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan).

Kabar ini disampaikan Irianto Lambri, Ketua tim formatur usai audiensi bersama Sahbirin Noor di Kediaman pribadinya, Selasa (10/1/2023) malam. Kedatangan mantan Gubernur Kalimantan Utara ini didampingi tim formatur. Diantaranya H. Noor Alamsyah (Ketua KBB Jawa Timur), H. Muhammad Arfani (Ketua KBB Kepulauan Riau) dan Taufik Arbain (Staf Khusus Gubernur Kalsel).

Baca Juga :  Menteri KKP: Raja Ampat Adalah Icon Indonesia

“Jadi beliau tadi meminta agar pelantikan sebelum tanggal 26 Januari atau sebelum Haul Guru Sekumpul,” kata Irianto Lambri.

Ia menjelaskan, momentum haul abah sekumpul tersebut masyarakat Bubuhan Banjar dapat sekaligus berkumpul dan berziarah.

“Jadi beliau ingin mengundang bubuhan banjar yang ada di Indonesia dan diluar negeri untuk berhadir agar bertemu dan berziarah,” ucap Sahbirin Noor.

Sementara itu, Paman Birin menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan tim formatur KBB yang mempercayai dirinya menjadi ketua.

Gubernur Kalimantan Selatan pun berharap, warga Banjar yang ada di banua orang agar terus menjaga solidaritas dan kerukunan bersama.

“Saya ucapkan terimaksih kepada semua. Saya harap semua Bubuhan Banjar bisa berhadir pada pengukuhan nanti. Mari kita bersama-sama berziarah serta mehaul abah Guru Sekumpul,” tutup Sahbirin Noor. (OSY)

Baca Juga :  Dirut Beserta Wadirut RSUD Salatiga Dikabarkan Positif Covid-19
Loading...