Sandiaga Uno Tuding Kapasitas Lapas Berlebih Karena Tahanan Narkoba

Sandiaga Uno Tuding Kapasitas Lapas Berlebih Karena Tahanan Narkoba

HARIANNKRI.COM – Cawapres 02 Sandiaga Uno tuding penyebab kapasitas lapas mengalami over capacity karena banyaknya tahanan kasus penyalahgunaan narkoba. Komentar ini disampaikan sesaat setelah menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Klas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (16/2/2019).

Usai menjenguk Ahmad Dhani, Sandiaga sempat mengagumi ketabahan politisi Gerindra ini. Dijelaskannya bahwa kondisi Ahmad Dhani sehat dan memuji kondisi mentalnya.

“Beliau diberikan ketabahan. Karena tentunya menghadapi tekanan baik proses hukum dan prosedur hukum ini membutuhkan mental yang sangat kuat,” kata Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan ini Cawapres 02 ini sempat mengomentari kapasitas lapas. Menurutnya, kapasitas lembaga permasyarakatan saat ini sudah melebihi kapasitas ideal. Biang kerok dari kelebihan kapasitas ini adalah tahanan kasus penyalahgunaan narkoba.

“Ini yang menjadi catatan kami karena kelebihan kapasitas ini hampir terjadi di seluruh lembaga pemasyarakatan, terutama terkait dengan penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Sandiaga merasa pesimis kapasitas lapas dapat ideal. Karena berapapun penambahannya, jika jumlah pengguna narkoba terus meningkat, maka kapasitas lapas tetap tidak mencukupi.

“Yang perlu kita soroti adalah over capacity. Ibarat kapal, kapal yang hanya bisa mengangkut 100 penumpang, sekarang diisi lebih dari 500 penumpang. Berarti ini akan mengakibatkan kapal ini kecelakaan,” tegas Sandiaga. (AMN)

Loading...