Bupati Kapuas dan Anggota DPR RI Sosialisasi Hidup Sehat Ala Germas

Bupati Kapuas dan Anggota DPR RI Sosialisasi Hidup Sehat Ala Germas
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat membuka secara langsung Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Tamban Catur yang dilaksanakan, Sabtu (7/3/2020) pagi di Pasar Minggu Desa Warnasari.

HARIANNKRI.COM – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat membuka secara langsung Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Tamban Catur yang dilaksanakan, Sabtu (7/3/2020) pagi di Pasar Minggu Desa Warnasari. Turut mendampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas yang juga Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat SH.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, sejumlah Kepada OPD terkait, Camat Tamban Catur Rustamaji, Kepala Desa se Kecamatan Tamban Catur. Pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan serta Desa, para kader Posyandu, Ketua RT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat.

Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan bahwa germas merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kesadaran dimulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat. Selain itu. germas juga merupakan suatu upaya guna menurunkan resiko penyakit menular di lingkungan sekitar. Untuk itu, dirinya mendukung penuh dilaksanakannya sosialisasi germas untuk memberikan pengetahuan bagi masyarakat mengenai pentingnya hidup sehat. Untuk hidup sehat, dimulai dengan tersedianya air bersih dan sanitasi yang baik.

610X200 HUT Kapuas

“Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk mendukung serta membantu dalam mensukseskan Germas di Kabupaten Kapuas. Agar masyarakat Kapuas selalu sehat dan sejahtera”, ungkap Ben.

Baca Juga :  Peresmian Jembatan Sare Pulau di Kapuas Dihadiri Anggota DPR RI

Lebih lanjut terkait sanitasi, Ben Brahim meminta kepala desa dapat membangun sanitasi yang baik. Yaitu sistem pembuangan air limbah untuk mandi dan toilet bagi masyarakat yang mana dapat diprogramkan melalui dana desa. Dengan harapan Kabupaten Kapuas bebas dari ‘jamban helikopter’ yang mencemari air sungai.

700 Covid Hariannkri
Ditempat yang sama, Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat SH menjelaskan, salah satu bentuk kegiatan germas yang dapat dilakukan masyarakat. Yaitu dengan melakukan aktifitas fisik seperti menyapu dan membersihkan rumah. Ia meminta kepada masyarakat terutama ibu-ibu agar dapat mengkontrol kebersihan rumah. Terutama sanitasi yang merupakan tempat media penularan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Ia menambahkan, dengan adanya germas, dapat mencegah baik diri sendiri maupun keluarga dari berbagai macam penyakit. Yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti makan dengan gizi seimbang, rajin berolahraga dan istirahat cukup. Selalu menjaga kebersihan lingkungan, minum air mineral yang cukup dan juga beberapa hal sehat lainnya.

Baca Juga :  Pemkab Kapuas Jumat Bersih di Kawasan Pasar Blok R

“Saya berharap kerjasama dan dukungan kita bersama. Bagaimana dengan keadaan dan situasi yang ada kita tetap dapat saling bahu-membahu. Untuk mencapai masyarakat Kabupaten Kapuas yang sehat,” imbuh Ary.

Pada kesempatan itu, Camat Tamban Catur Rustamaji dalam laporannya mengucapkan terima kasih atas terlaksananya sosialisasi germas untuk masyarakat Kecamatan Tamban Catur yang mana dilaksanakan pula kegiatan bakti sosial pengobatan massal gratis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melalui wilayah kerja UPT Puskesmas Tamban Catur dan UPT Puskesmas Tamban Baru.

Lalu dirinya menjelaskan adapun produk unggulan yang terus dikembangkan oleh Kecamatan Tamban Catur yaitu pemanfaatan lahan pekarangan kosong dengan tanaman buah-buah, sayur-sayuran, tanaman obat dan tanaman hias. (ROB)

700 Covid Hariannkri
Loading...