Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas Resmi Ditutup

Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas Resmi Ditutup
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat menutup Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2020 di GOR Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas, Senin (9/3/2020) malam.

HARIANNKRI.COM – Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2020 telah selesai digelar dan secara resmi ditutup langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di Gedung Olah Raga (GOR) Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas, Senin (9/3/2020) malam. Didampingi Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat, penutupan ini ditandai dengan pemukulan Katambung.

Digelarnya festival tersebut dalam rangka Hari jadi Kota Kuala Kapuas ke 214 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 69. Tampak hadir dalam kesempatan itu Pj Sekda Kabupaten Kapuas Andres Nuah dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas. Hadir pula Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat serta peserta yang mengikuti festival budaya tersebut.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya sangat mengapresiasi dengan digelarnya festival budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung. Fesival ini dinilainya semakin menambah tali silaturahmi, serta juga dapat menjaga warisan budaya yang ada di Kabupaten Kapuas. Ia juga sangat mengapresiasi seluruh peserta yang telah memberikan penampilan sangat luar biasa dalam memeriahkan festival budaya ini.

“Dalam setiap perlombaan pasti ada menang dan juga kalah. Oleh karena itu teruslah asah kemampuan serta kualitas dalam memberikan penampilan yang terbaik untuk kedepannya. Saya yakin bakat dari anak-anak muda ini sangat luar biasa. Dan yang terpenting kita dapat saling bersilaturahmi antar sesama,” ucap Ben.

Bupati Kapuas Tutup Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat menyerahkan piala kepada pemenang lomba.
Ben juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta lomba yang telah mengikuti kegiatan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung ini dengan penuh semangat dan antusias yang luar biasa. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali kedepannya.

Pada kesempatan itu juga Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas mengungkapkan rasa bela sungkawanya kepada Dandim 1011/KLK Bambang Kristianto Bawono yang telah gugur saat menjalankan tugas. Untuk itu dirinya mengajak seluruh yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk mengheningkan cipta sekaligus berdoa bersama untuk Dandim 1011/KLK Bambang Kristianto Bawono.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas selaku Ketua Panitia Pelaksana H Suparman, dalam laporannya menuturkan festival budaya ini telah dilaksanakan selama tiga hari tanggal 7-9 Maret 2020 dengan berbagai macam lomba. Diantaranya lomba tari pedalaman, lomba karungut, lomba bagasing, lomba balogo dan juga lomba lawang sakepeng.

Ia pun mengumumkan pemenang terbaik satu di tiap kategori. Yaitu, untuk lomba tari pedalaman tingkat kecamatan juara terbaik satu adalah Kecamatan Kapuas Timur. Sedangkan lomba tari pedalaman tingkat umum juara terbaik satu yaitu Sanggar Riak Nyalong Kapuas. Kemudian untuk lomba karungut putra juara terbaik satu adalah Kecamatan Timpah. Lomba karungut putri juara terbaik satu yaitu Kecamatan Timpah kembali.

“Untuk lomba lawang sakepeng putra yang mendapat juara terbaik satu adalah Sanggar Riak Nyalong. Dan kategori lawang sakepeng putri yang mendapat juara terbaik satu yaitu Sanggar Tingang Menteng Panunjung Tarung Kecamatan Selat,” kata H Suparman.

Ia menambahkan, untuk kategori lomba Balogo yang mendapatkan juara terbaik satu yaitu Kecamatan Pulau Petak. Untuk kategori lomba bagasing juara terbaik satu didapatkan oleh Kecamatan Pasak Talawang. (ROB)

Loading...