Ben Brahim Berikan Masker dan Vitamin Gratis ke Warga Kapuas

Ben Brahim Berikan Masker dan Vitamin Gratis ke Warga Kapuas
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi didampingi Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas saat mensosialisasikan tentang pentingnya perilaku hidup sehat kepada warga Desa Pulau Telo Baru Kecamatan Selat, Jumat (27/3/2020) sore.

HARIANNKRI.COM – Sesuai dengan arahan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas bergerak cepat dan turun langsung membagikan Masker dan Vitamin C kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, Jumat (27/3/2020). Pembagian masker dan vitamin C ini dilakukan di Desa Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Provinsi kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kepala Dinkes Kapuas, Apendi mengatakan status Kabupaten Kapuas masih dalam zona hijau harus dipertahankan. Ia berharap keadaan tersebut terus dijaga dan dipertahankan, sehingga tidak sampai masuk ke zona kuning maupun merah.

“Potensi terjadinya penyebara Virus Corona ini dapat disebabkan beberapa hal. Salah satunya ada masyarakat yang baru datang dari luar negeri dan membawa virus tersebut ke suatu wilayah yang belum terkena wabah. Penyebab yang lain bisa juga terjadi saat adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS-red) yang melaksanakan perjalanan keluar daerah terjangkit. Dan juga adanya tenaga kerja asing yang selalu pulang pergi keluar negeri,” terang Apendi.

Ia menjelaskan, status Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Kapuas sebelumnya terdapat tujuh orang, kini bertambah menjadi 14 orang.

“Untuk masyarakat yang berstatus ODP ini akan dipantau secara terus menerus. Mulai dari semua keluarganya, dengan siapa saja melakukan kontak fisik dan dari mana asalnya. Hal tersebut dilakukan guna menjaga wilayah Kabupaten Kapuas agar tetap aman dan tercegah dari virus Covid-19 ini,” jelas Apendi.

Kepala Dinkes ini mengatakan, Bupati kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM, MT sangat fokus dan konsen dalam mencegah penularan virus Corona kepada masyarakat Kabupaten Kapuas. Sehingga memerintahkan jajaran Dinkes Kapuas untuk turun langsung ke lapangan. Melakukan penyemprotan disinfektan di setiap sudut-sudut kota perumahan dan pasar pasar. Ben Brahim juga memerintahkan agar membagikan masker serta vitamin gratis untuk menjaga kesehatan masyarakat Kabupaten Kapuas.

Lanjutnya, Bupati Kapuas mengharapkan agar seluruh organisasi perangkat daerah di Kabupaten Kapuas untuk membuat tempat cuci tangan dan bilik disinfektan. Harapan ini sudah dilaksanakan oleh perangkat daerah di Kabupaten Kapuas. Selain itu juga meminta kepada seluruh Camat, seluruh Kepala Desa dan Lurah agar membuat Satgas dan mengambil langkah-langkah preventif yang diperlukan.

“Demikian juga dengan Ketua-Ketua RT. Agar memberikan edukasi pemahaman kepada masyarakat agar berdiam di rumah. Itu lebih baik sebagai langkah guna memutus mata rantai penularan virus Corona. Dan menghimbau agar masyarakat mentaati gerakan hidup bersih dan sehat. Serta mengawasi mobilisasi warganya baik yang berpergian atau yang datang di wilayahnya masing-masing,” jelas Apendi.

Kemudian dirinya menambahkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas telah melakukan berbagai macam kegiatan. Guna terus menggalakkan promosi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Diperlukan kerjasama dari seluruh masyarakat untuk terus melakukan penangkalan Virus Corona ini. Dengan cara menjaga perilaku hidup sehat. Seperti mencuci tangan selalu, tidak keluar rumah untuk sementara waktu dan menjaga pola makanan dengan makanan yang bergizi,” pungkas Apendi. (ROB)

Loading...