Piter Yanottama Jadi Kapolres Kebumen Gantikan Rudy Cahya Kurniawan

Piter Yanottama Jadi Kapolres Kebumen Gantikan Rudy Cahya Kurniawan
Kapolres Kebumen lama AKBP Rudy Cahya Kurniawan bersama Kapolres Kebumen baru AKBP Piter Yanottama, Selasa (1/12/2020)

HARIANNKRI.ID – Kasubdit V Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Piter Yanottama terpilih menjadi Kapolres Kebumen Polda jawa Tengah. Serah terima jabatan dengan pejabat sebelumnya dilakukan di Mapolda Jawa Tengah, Selasa (1/12/2020).

Kepastian pergantian pimpinan Polres Kebumen ini berdasarkan 3 Telegram Kapolri yang dibacakan oleh Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, Minggu (29/11/2020) lalu. Tiga telegram tersebut bernomor: ST/3222/XI/KEP./2020, ST/3233/XI/KEP./2020 dan ST/3235/XI/KEP./2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Sebanyak 33 Kapolres dimutasi jabatan dengan tujuan penyegaran organisasi.

“Mutasi jabatan merupakan hal biasa di lingkungan Polri untuk penyegaran organisasi, baik dalam rangka tour of duty maupun tour of area,” kata Brigjen Pol Awi Setiyono.

Baca Juga :  Kapolres Kebumen Kunjungi Sejumlah Gereja di Gombong

Salah satu pejabat polisi yang dimutasi adalah Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan yang digantikan oleh AKBP Piter Yanottama. Jabatan terkhir Piter adalah Kasubdit V Remaja Anak dan Wanita (Renakta) Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Ia menggantikan AKBP Rudy Cahya Kurniawan yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubbagdianmas Bagkermadian Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri.

Ia secara resmi menjabat Kapolres Kebumen usai upacara serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi sekitar pukul 13.00 WIB.

“Upacara Serah Terima Jabatan Kapolres Kebumen telah dilaksanakan. Upacara digelar di Polda Jateng,” ujar Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Sugiyanto.

Sebelumnya, dari tahun 2004 sampai dengan 2007, Piter Yanottama bertugas di pasukan elite Sat Brimob Polda Sulawesi Tengah. Tahun 2017, saat masih berpangkap Kompol, Piter menjabat Wakapolsek Menteng. Dengan pangkat yang sama, Pria kelahiran 1981 ini pada tahun 2018 menjadi Kanit Unit 3 Subdit Jatanras Polda Metro Jaya.

Baca Juga :  Polres Kebumen Gencarkan Pembagian Sembako

Kenaikan pangkat menjadi AKBP membawa Piter Yanottama menjadi Kasubdit V Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Namanya melejit saat ia berhasil mengungkap kasus eksploitasi seksual 305 anak di Jakarta yang dilakukan oleh seorang warga Negara Perancis pada bulan Juli 2020 lalu. (HRN)

Loading...