Saidna Azhar Tak Menyangkal Diduga Ada Tambak Benih Lobster Fiktif di Maluku

Saidna Azhar Tak Menyangkal Diduga Ada Tambak Benih Lobster Fiktif di Maluku
Sekretaris Komisi A DPRD Kota Ambon Saidna Azhar Bin Tahir

HARIANNKRI.ID – Sekretaris Komisi A DPRD Kota Ambon Saidna Azhar Bin Tahir mengaku dirinya belum menemukan adanya tambak benih lobster fiktif di kawasan Maluku. Namun tidak disangkal jika fakta tersebut benar-benar ada, mengingat keterbatasan pengawasan.

Ia menjelaskan, provinsi Maluku adalah salah satu daerah dengan ekspor benih lobster terbesar di Indonesia selain Sumatera dan Kalimantan. Saidna memahami, peristiwa Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Eddy Prabowo terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK berdampak pada opini negatif ada dugaan tambak benih lobter fiktif di kawasan Maluku.

Saidna Azhar mengaku tidak tahu persis apakah Maluku juga termasuk daerah yang dijadikan tambak benih lobster. Namun ia tidak menampik jika hal itu terjadi, karena potensi lobster di Maluku sangat besar.

Baca Juga :  BPBD Kapuas Siap Cegah Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan

“Namun, ada informasi terkait bahwa diduga terdapat tambak yang fiktif di Maluku. Sejauh ini saya belum menemukan ada fakta – fakta itu yang berkaitan dengan persoalan ini. Kita menunggu sampai dengan ada temuan dari KPK terkait dengan informasi itu,” kata Saidna Azhar saat dihubungi melalui sambungan selular, Selasa (15/12/2020).

Saidna Azhar mengaku mendukung segala upaya aparat penegak hukum untuk mengungkap hal tersebut secara. Apakah memang ada tambak-tambak yang dimaksud dan apakah ada keterlibatan pengusaha-pengusaha lokal pada ekspor bibit lobster di provinsi Maluku.

Ia menambahkan, berdasarkan pernyataan Menteri KKP ketika berkunjung ke Maluku beberapa waktu lalu, sempat disampaikan bahwa pemerintah siap menggelontorkan anggaran yang cukup signifikan untuk pemberdayaan benih tersebut. Dikatakan pemerintah akan membuat tambak budidaya benih lopster yang nanti akan dikelola oleh nelayan.

Baca Juga :  Bapak Setubuhi Anak Kandungnya Sejak Usia 6 Tahun

“Namun sejauh ini juga belum ada kepastian apakah sudah ada realisasi terhadap apa yang disampaikan pak Menteri Edy Prabowo tersebut. Sepengetahuan saya, selama ini ada tambak benih lobster yang terletak di Pulau seram. Namun operasionalnya sempat terhenti. Namun pak Edy Prabowo menjanjikan untuk membuka kembali tambak tersebut,” imbuhnya.

Sekretaris Komisi A DPRD Kota Ambon menegaskan, pihaknya mengalami keterbatasan akses pengawasan terkait dengan kebijakan tersebut. Pasalnya, kewenangan kebijakan tersebut berada di wilayah Pemerintah Provinsi Maluku.

“Nanti kita telusuri dan coba melakukan koordinasi dengan teman – teman di provinsi terkait dengan rencana tersebut. Apakah sudah pernah direalisasikan ataukah belum,” tutupnya. (AMN)

Loading...