Divaksin Tahap II, Kapolres Kebumen Ajak Masyarakat Dukung Program Vaksinasi

Divaksin Tahap II, Kapolres Kebumen Ajak Masyarakat Dukung Program Vaksinasi
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama saat divaksin tahap kedua, Senin (8/2/2021)

HARIANNKRI.COM – Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menyelesaikan mengikuti program vaksinasi covid-19 dengan menerima suntikan vaksin tahap kedua. Masyarakat dihimbau untuk mendukung vaksinasi dan tidak ragu untuk disuntik vaksin tersebut.

vaksinasi covid-19 tahap kedua ini dilakukan di RSUD Dr. Soedirman, Senin (8/2/2021) sekitar pukul 08.00 WIB. Usai divaksin, kepada wartawan AKBP Piter Yanottama mengaku dirinya baik-baik saja dan semakin merasa sehat. Ia tidak merasa ada perbedaan antara vaksin pertama dengan kedua. Efek samping seperti pegal-pegal atau sesak nafas juga tidak ia alami.

“Saya pagi ini dalam kondisi sehat walafiat. Sama seperti vaksin pertama, tidak merasa sakit apa-apa,” kata Kapolres Kebumen.

Mantan Kasubdit V Ditreskrimum Polda Metro Jaya ini pun mengingatkan masyarakat bahwa program vaksinasi adalah menyehatkan. Masyarakat diimbau untuk tidak ragu terhadap mengikuti program ini karena diyakini mampu menekan laju penyebaran covid-19.

“Masyarakat yang akan menerima vaksin, tidak perlu ragu ataupun takut. Ini vaksin menyehatkan. Ini adalah ikhtiar yang terbaik (melawan covid-19-red). Mari kita dukung program vaksinasi,” ujar AKBP Piter Yanottama.

Diketahui, setiap penerima vaksin Covid-19 harus menerima suntikan 2 kali. Penerima vaksin Covid-19 harus mematuhi jadwal yang sudah ditetapkan. Jadwal vaksinasi Covid-19 harus dipatuhi. Pasalnya, suntik vaksin Covid-19 ini berkaitan dengan pembentukan antibodi dan mutasi virus tersebut.

Sistem imun perlu waktu lewat paparan yang lebih lama untuk mengetahui bagaimana cara efektif melawan virus. Sedangkan vaksin membantu sistem imun lebih dulu memicu produksi antibodi spesifik, agar lebih siap ketika virus asli masuk. Dengan memberikan lebih dari satu dosis vaksin, diharapkan memperbesar kemungkinan sistem imun tubuh untuk mempelajari virus dan mencari cara menangkal infeksi berikutnya. (OSY)

Loading...