Di Kebumen, Tertib Protokol Kesehatan Dapat Hadiah Bibit Buah

Di Kebumen, Tertib Protokol Kesehatan Dapat Hadiah Bibit Buah
Operasi Yustisi pendisiplinan adaptasi kebiasaan baru di Kabupaten Kebumen berhadiah bibit buah, Jumat (5/3/2021)

HARIANNKRI.ID – Satgas Percepatan Penanggulangan Penanganan covid-19 Kabupaten Kebumen memberikan hadiah bibit buah kepada warga patuh protokol kesehatan saat bepergian ke luar rumah. Selain bernilai edukasi persuasif, upaya ini juga diyakini dapat menanamkan budaya cinta lingkungan dengan mengajak masyarakat ikut menjaga kelestarian alam.

Pemberian bibit buah ini diberikan kepada masyarakat saat Operasi Yustisi pendisiplinan adaptasi kebiasaan baru mengingatkan warga untuk selalu bermasker saat keluar rumah. Operasi Yustisi ini digelar Polres Kebumen, Kodim 0709 Kebumen, Pemerintah Kabupaten Kebumen, serta Kantor Perwakilan Perhutani Provinsi Jateng di jalan A Yani Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Mangarif menjelaskan, Operasi Yustisi kali ini berfungsi ganda. Selain mendisiplinkan warga yang tidak mengenakan masker, juga mengingatkan warga agar menjaga kelestarian alam dengan program gerakan menanam pohon. Warga yang patuh diberi hadiah bibit buah, sedangkan yang terjaring tidak mengenakan masker diberi sanksi sosial.

Baca Juga :  Kebumen Siapkan Ruang Isolasi Mandiri Covid-19 Kapasitas 1.300 Orang

“Operasi Yustisi, harus terus digelorakan. Jangan sampai kendor. Semua harus patuh Protokol Kesehatan demi kesehatan bersama,” kata Kompol Mangarif di sela kegiatan Ops Yustisi, Jumat (5/3/2021).

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Perhutani Prov Jateng Lilis Dwi Kartikawati mengungkapkan, pada kesempatan ini, pihaknya menyiapkan 300 bibit buah. Selain mengapresiasi masyarakat yang taat protokol kesehatan, pemberian bibit buah ini menindaklanjuti arahan Gubernur Jawa Tengah.

“Karena ini musim penghujan. Sesuai arahan Gubernur Jateng warga masyarakat agar menanam pohon sebanyak-banyaknya. Melalui kegiatan ini sekaligus kita sosialisasikan,” jelas Lilis Dwi Kartikawati.

Warga yang telah disiplin, berhak mendapatkan bibit buah, untuk selanjutnya dibawa pulang dan ditaman di lingkungan tempat tinggalnya. Ditambahkan, gerakan tanam pohon sangat diperlukan sekali untuk kelestarian alam mengurangi polusi udara.

Baca Juga :  Kapolres Kebumen Minta Bhabinkamtibmas Dekat Dengan Masyarakat

“Manfaat menanam pohon mungkin tidak bisa langsung kita rasakan dalam waktu singkat. Namun di masa depan, usaha ini akan sangat berguna bagi anak-anak dan cucu kita kelak. Agar mereka bisa tumbuh di lingkungan dengan udara yang bersih dan bebas dari penyakit,” pungkasnya. (OSY)

Loading...