Polres Kebumen Nge-Prank Pengguna Jalan Pakai Kamera ETLE

Polres Kebumen Nge-Prank Pengguna Jalan Pakai Kamera ETLE
Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto menyerahkan reward kepada "korban prank kamera ETLE" Erwin Yuli Drajat, Sabtu (17/4/2021)

HARIANNKRI.ID – Polres Kebumen melakukan pendekatan unik dalam mensosialisasikan penggunaan kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) agar pengguna jalan tertib berlalulintas. Alih-alih merekam pengendara yang melanggar peraturan berlalulintas, yang dijepret justru orang yang tertib.

Hal ini dikatakan oleh Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto. Dijelaskan, langkah ini sebagai upaya agar masyarakat lebih tertib dalam berkendara.

“Polisi mengapresiasi warga Kebumen yang sadar berlalu lintas, mengendarai kendaraan di jalan raya dengan mematuhi peraturan yang ada. Kami memberikan reward kepada pengendara yang tertib. Diharapkan masyarakat di Kebumen akan lebih patuh dan tertib dalam berlalu lintas,” Kata AKP Sugiyanto, Sabtu (17/4/2021).

Polres Kebumen Berikan Reward Kepada Korban Prank Kamera ETLE

Erwin Yuli Drajat (47) warga Kebulusan Kecamatan Pejagoan yang menjadi “korban prank” mengaku kaget saat menerima surat panggilan dari kepolisian. Surat panggilan tersebut dikirim melalui kantor pos yang isinya memintanya hadir ke Polres Kebumen untuk melakukan verifikasi.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Kunjungi Wajo Sulsel, Ziarah ke Makam Kakek Wali Songo

Saat verifikasi, ia terpantau oleh kamera pengawas atau kamera ETLE yang dipasang oleh Satlantas Polres Kebumen di beberapa titik, tertib berlalulintas. Tidak melewati marka, menggunakan helm standar, memakai masker dan tidak menerobos lampu rambu-rambu lalulintas. Karenanya, ia mendapat reward berupa satu paket sembako.

“Saya kira, kemarin saya melanggar karena dapat surat itu. Ternyata saat saya konfirmasi ke Sat Lantas, malah dapat hadiah. Saya terjepret kamera pengawas, karena sudah tertib,” kata Erwin usai menerima reward.

AKP Sugiyantu menghimbau pengguna jalan untuk tertib berkendara, dan patuh terhadap peraturan lalu lintas. Ia menambahkan, di Kebumen, ada 2 manfaat jika tertib berlalu lintas. Yang pertama, bisa mendapatkan keselamatan berlalu lintas karena perilaku tertibnya saat berkendara. Kedua, mendapatkan reward langsung dari Sat Lantas Polres Kebumen karena sudah dinilai tertib dalam berkendara.

Baca Juga :  Kapolres Kebumen Kunjungi Sejumlah Gereja di Gombong

“Dengan kata lain, masyarakat Kabupaten Kebumen harus senantiasa tertib saat berkendara, karena pangkal dari kecelakaan lalu lintas disebabkan pelanggaran. Kamera ETLE yang dipasang di beberapa titik di Kebumen mampu melakukan perekaman gambar hingga jarak jauh dengan kualitas bagus. Sekecil apapun pelanggaran bisa terpotret oleh kamera tersebut,” tutup AKP Sugiyanto. (OSY)

Loading...