Antisipasi Arus Balik, Kapolda Jateng Himbau Masyarakat Bawa Hasil Swab dan SIKM

Antisipasi Arus Balik, Kapolda Jateng Himbau Masyarakat Bawa Hasil Swab dan SIKM
Kapolda Jateng saat meninjau Pos Pam Jalan Gajah mada - Simpang lima kota Purwodadi Kabupaten Grobogan, Sabtu (15/5/2021) pagi

HARIANNKRI.ID – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, usai aktivitas arus mudik kini pihaknya berkonsentrasi menangani arus balik. Ia mengingatkan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan jauh untuk membawa hasil swab dan Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) ke wilayah tertentu.

“Surat tersebut bisa didownload lewat aplikasi (internet-red),” kata Kapolda Jateng saat meninjau Pos Pam Jalan Gajah mada – Simpang lima kota Purwodadi Kabupaten Grobogan, Sabtu (15/5/2021) pagi.

Lanjutnya, saat ini memasuki hari kesembilan penyekatan Pospam Terpadu yang di laksanakan di 14 titik di daerah perbatasan masuk Jawa Tengah. Ditambahkan, saat ini aktivitas arus mudik sudah selesai dan sudah memasuki arus balik. Hasil analisa evaluasi di lapangan, sejauh ini Polda Jateng telah memeriksa 39.494 kendaraan. Untuk kendaraan yang di putarbalikan dari Jawa Barat ke Jawa Tengah ada 11.700 kendaraan. Sedangkan Jawa Timur ke Jawa Tengah sebanyak 6.000 kendaraan dan dari DIY ke  Jateng sebanyak 4.000 kendaraan.

Baca Juga :  Kejati Bengkulu Tangkap Buronan Terpidana Korupsi

“Alhamdulilah sampai hari ini, kita bisa memutarbalikan kendaraan dari luar daerah. Mulai hari ini tidak ada lagi penyekatan arus mudik di 14 pos pam dan hari ini prioritas penanganan arus balik,” tukas Kapolda Jateng.

Terkait dengan cara bertindak operasi kepolisian saat arus balik, Kapolda Jateng menegaskan telah menginstruksikan jajarannya untuk menerapkan langkah-langkah edukatif.

“Kita akan banyak melakukan himbauan. Kemudian pos pengamanan khususnya yang berada di area jalan tol akan berganti posisi. Yang dulu berada di arah kiri, akan digeser ke sebelah kanan,” jelas Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Jenderal berbintang dua ini juga menjelaskan bahwa pada periode arus balik tidak semua kendaraan bisa lewat tol. Untuk itu, kendaraan yang ber as tiga seperti truk dan sebagainya, dilarang masuk tol.

Baca Juga :  May Day Di Semarang, Kapolda Jateng Hadiahkan Seribu Paket Sembako

“Mereka wajib lewat jalur bawah,” tegas Kapolda.

Terkait kesiapan anggota, Kapolda telah melaksanakan pengecekan ke sejumlah wilayah. Ia menekankan, anggota yang terlibat operasi sangat siap dan berada pada pos masing-masing.

Hadir dalam kegiatan Kapolda Jateng tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Syafirudin, Karo log kombes bambang Ricky Sido Arto, SE., Kabid humas kombes Iskandar Fitriana Sutisna, SIK, M.si., Kapolres Grobogan AKBP jury leonard siahaan, SIK, MH., Dandim 0717 Purwodadi Grobogan, Letkol (Inf) Asman Mokoginta dan Bupati Grobogan sri sumarni SH, MM, serta Pejabat utama Polda Jateng. (OSY)

Loading...