Mahfud MD Sebut 92 Persen Warga Papua Pro NKRI

Mahfud MD Sebut 92 Persen Warga Papua Pro NKRI
Menteri Koordinador Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD

HARIANNKRI.ID – Menteri Koordinador Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut perbandingan warga Papua pro NKRI sangat jauh dengan yang sebaliknya. Adalah tidak benar menempelkan stigma negatif terhadap Papua hanya karena ulah segelintir kelompok.

Mahfud MD menjelaskan, saat ini pemerintah membangun Papua dengan pendekatan Kesejahteraan dan Dialog. Sebagian besar warga Papua juga menyatakan mendukung pembangunan di Papua, juga mengharapkan Papua dibangun dengan damai.

Keinginan warga Papua untuk membangun daerahnya dengan cara damai ini selaras dengan mayoritas warga Papua pro NKRI. Hal ini, menurutnya, Berdasarkan survei yang dilakukan BIN bekerjasama dengan sejumlah universitas, 92 persen warga Papua pro NKRI dan mendukung pembangunan di Papua.

Baca Juga :  Warga Tugu Selatan Keluhkan Pengerjaan Bangunan 8 Lantai

“Sebanyak 82 persen setuju Otsus, 10 persen menyatakan terserah pemerintah, berarti setuju juga. Dan sisanya 8 persen yang menolak” kata Mahfud MD dalam dialog ”Membangun Papua yang Damai dengan Berbagai Program”, di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Lanjutnya, dari 8 persen yang menolak, masih terbagi lagi menjadi beberapa kelompok dan diantaranya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Karenanya, adalah tidak benar jika label KKB ditempelkan kepada seluruh warga Papua.

“Sisanya yang kecil 8 persen itu terbagi tiga yakni bergerak di jalur politik, klandestein, dan KKB. Yang paling kecil yakni KKB ini, inilah yang dihadapi dengan penegakan hukum berdasarkan UU No 5 tahun 2018 tentang Terorisme. Jadi yang dihadapi adalah KKB Egianus Kagoya, KKB Lekagak Talenggen, KKB Militer Murib, dan kelompok lain lagi, jadi bukan KKB Papua” tegas Menko Polhukam. (OSY)

Baca Juga :  Kepala Operasi Nemangkawi Polri: Sa Papua Sa Indonesia
Loading...