Pesan KPAI Kepada Pendamping Anak Vanessa Angel

Pesan KPAI Kepada Pendamping Anak Vanessa Angel
Pasangan almarhumah dan almarhum Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah beserta putra tunggalnya Gala Sky Andriansyah

HARIANNKRI.ID – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengingatkan keluarga almarhum Vanessa Angel yang nantinya akan mendampingi anak Gala (anak pasangan Vanessa-Bibi) untuk terus mengingatkannya ke hal-hal positif. Diingatkan pula untuk menerima kenyataan bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan yang selalu mempunyai rencana positif dibalik semua kejadian.

“KPAI ikut berduka atas peristiwa kecelakaan keluarga Vanessa Angel dan Bibi di Jombang. Begitupun tak kalah dahsyatnya peristiwa banjir bandang di Batu Malang yang menghilangkan nyawa, harta benda dan kerugian,” kata Kepala Divisi Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi (Kadivwasmonev) KPAI Jasra Putra kepada hariannkri.id, Jumat (5/11/2021) siang.

Jasra mengingatkan, peristiwa duka kehilangan seringkali meninggalkan bekas yang dalam, bagi para korbannya. Apalagi secara mendadak kehilangan orang tua.

Baca Juga :  Guru Bukan Begal Motor. Opini Dudung Nurullah Koswara

“Sebagai anak kecil, Gala masih belum bisa memahami mengapa orang tua pergi meninggalkannya. Sehingga butuh proses pendampingan yang baik,” imbuhnya.

Lanjut Jasra Putra, konsep ada kehidupan dan kematian tentunya sebuah konsep yang belum bisa dipahami oleh anak. Karenanya, yang terpenting, dalam kesedihan anak selalu didampingi dan tidak pernah lepas melakukan pendampingan.

“Kesedihan yang ada, teruslah dibawa ke hal positif. Seperti diajak mendoakan, anak diajak mengerti bahwa manusia diciptakan Tuhan. Sehingga kematian adalah kasih sayang Tuhan kepada manusia. Alihkan anak untuk menceritakan apa yang paling disukai orang tuanya, kepadanya. Dan ajaklah untuk berbuat hal yang sama. Agar menjadi semangat Gala dan motivasi dalam menjalani hari-hari kesedihannya,” tutup Jasra Putra. (OSY)

Baca Juga :  Pilih Mana, Minyak Langka Menteri Perdagangan Mundur Atau Minyak Mahal Mendag Berhenti?
Loading...