Kinerja Gubernur Yang Paling Disoroti di Media Online dan Medsos

Kinerja Gubernur Yang Paling Disoroti di Media Online dan Medsos
Ilustrasi artikel berjudul Kinerja Gubernur Yang Paling Disoroti di Media Online dan Medsos

HARIANNKRI.IDCenter for Indonesian Reform (CIR) bekerjasama dengan Datasight Indonesia melakukan monitoring online atas kinerja Gubernur di Indonesia. Hasilnya, muncul 4 nama Gubernur yang kinerjanya paling disoroti di media online dan media sosial (medsos).

Direktur Datasight, Radhiatmoko menyebut penelitian ini dilakukan untuk melihat besaran publikasi media dan percakapan media sosial terhadap sejumlah kepala daerah. Penelitian ini dilakukan selama sebulan penuh, mulai tanggal 1 – 31 Desember 2021.

“Sepanjang periode tersebut kami berhasil menghimpun 52.310 artikel dan pembicaraan di media sosial terkait kinerja Gubernur se-Indonesia. Hasilnya terdapat empat nama Gubernur yang memiliki jumlah pemberitaan dan ulasan terbesar di media sosial,” terang Radhiatmoko dalam pernyataan resminya, Sabtu (8/1/2022).

Pria yang juga mengajar Digital Sociology di Universitas Indonesia ini pun memaparkan 4 nama Gubernur dimaksud.

“Keempatnya adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan 18.359 ulasan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 10.704 ulasan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan 10.525 ulasan, serta Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dengan 5.142 ulasan,” jelas Radhiatmoko.

Selain itu, muncul nama Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (2.065), Gubernur Banten, Wahidin Halim (1.652), Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (1.553), Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi (1.032), Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah (660) dan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji (618).

Radhiatmoko menjelaskan Ridwan Kamil unggul dalam pemberitaan di media online (10.525 artikel), diikuti Anies (9.170 artikel), Ganjar (5.759 artikel) dan Khofifah (5.142 artikel).

Penyebutan nama Anies di media sosial lebih tinggi dibanding Gubernur lain. Di aplikasi twitter nama Anies disebut sebanyak 8.795 kali dan Youtube 381 kali. Nama Ridwan Kamil di Twitter disebut 5.174 kali dan Youtube 93 kali. Sedangkan untuk pencarian di Facebook dan Instagram masih minim untuk bisa dilacak publik.

“Nama Ganjar di twitter disebut 4.726 kali dan Youtube 215 kali. Sedangkan nama Khofifah di Twitter disebut 2.215 kali dan Youtube 39 kali,” pungkas Radhiatmoko. (OSY)

Loading...