Wakil Bupati Raja Ampat Buka Turnamen Sagawin Cup I

Wakil Bupati Raja Ampat Buka Turnamen Sagawin Cup I
Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam menyerahkan bola kepada perangkat pertandingan pada pertandingan perdana turnamen Sagawin Cup I Tahun 2022 di Lapangan Sepak Bola Kampung Kalian Distrik Salawati Barat Raja Ampat Papua Barat, Rabu (16/2/2022)

HARIANNKRI.ID – Wakil Bupati Kabupaten Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam, secara resmi membuka turnamen Sagawin Cup I Tahun 2022. Turnamen sepakbola ini bertempat di Lapangan Sepak Bola Kampung Kalian Distrik Salawati Barat.

Sagawin Cup I tahun 2022 bertujuan untuk mempromosikan pulau Sagawin sebagai situs bersejarah pintu masuk tanah Papua. Di pulau tersebut tersebut telah dibangun patung Tuhan Yesus memberkati tanah Papua.

Dari sejarah perjalanan dua rasul, Carl Willem Otto dan Johan Gottlof Geissler sebelum tiba di Mansinam Manokwari pada 5 Februari 1855 atau 167 tahun lalu, kedua rasul berkebangsaan Jerman tersebut menyempatkan diri untuk singgah di pulau Sagawin Kabupaten Raja Ampat, sebelum melanjutkan perjalanan ke Mansinam.

Wakil Bupati Raja Ampat menjelaskan bahwa turnamen Sagawin Cup I tahun 2022 merupakan sebuah ajang sepakbola. Tuirnamen ini digelar dalam rangka mempromosikan pulau Sagawin sebagai salah satu tempat wisata rohani dan menjadi aset Pemerintah Kabupaten Raja Ampat.

“Turnamen sepak bola Sagawin Cup I tahun 2022 ini bertujuan untuk mempromosikan pulau Sagawin. Karena pulau Sagawin merupakan salah satu aset kabupaten Raja Ampat. Di pulau itu terdapat situs sejarah atau situs rohani yang perlu kita lestarikan dan kita jaga,” ucap ORI, Sapaan akrab Wakil Bupati Raja Ampat, Rabu (16/2/2022).

Juara Turnamen Sagawin Cup I 2022 Akan Wakili Salawati Batanta pada Open Turnamen Piala Raja 2022

Turnamen sepak bola Sagawin Cup I 2022 dibagi dalam 4 Pool. Pool A. Kuri Pasai, Yenanas FC, Warwer FC, Dan Batatanta Utara. Pool B, Salawati Utara, Papilau FC, Yembeyar FC, Waiman FC. Pool C, Kalwal, Batsel FC, Sulow Star, Solol Star. Pool D, Kalyam B, Boyd Man FC, Kalyam A, dan Samudra.

Wakil Bupati Raja Ampat Buka Turnamen Sagawin Cup I
Para peserta turnamen Sagawin Cup I Tahun 2022

Selain itu kata mantan Kepala BPKAD Raja Ampat itu, yang terpenting turnamen tersebut juga bertujuan menghidupkan kembali persepak bola handal dari kabupaten Bahari ini yang sudah lama tidur alias mati suri.

Burdam berharap lewat turnamen yang digagas dirinya ini, akan melahirkan pemain-pemain berprestasi dari kabupaten Raja Ampat. Bukan hanya di tingkat daerah, melainkan sampai tingkat nasional maupun internasional.

Lewat turnamen sepak bola tersebut, panitia menyiapkan Trophy diluar uang pembinaan. Bagi juara I sebesar @Rp20 juta, juara II @Rp15 juta, juara III @Rp10 juta, juara Harapan I @Rp5 juta.

Selain hadia diatas panitia juga menyiapkan hadiah kepada pemain terbaik dan Top Skor untuk mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 5 juta rupiah. Buat suporter tim yang kreatif saat memeriahkan turnamen tersebut.

Orang nomor dua di lingkungan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat ini berharap agar para pemain yang berada di pulau Salawati dan Batanta harus menunjukan prestasi yang baik dalam mengolah si kulit bundar.

“Saya harap adik-adik menunjukan prestasi terbaiknya. Sebab lewat turnamen ini kami kemas untuk adik-adik. Yang mempunyai prestasi terbaik akan dilirik untuk bergabung dalam satu tim mewakili Salawati Batanta pada open Turnamen Piala Raja November 2022 mendatang,” tutupnya. (HSG)

Loading...