Pemda Kepulauan Yapen Gelar Pelatihan Siskeudes

Pemda Kepulauan Yapen Gelar Pelatihan Siskeudes
Pelatihan penggunaaan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) Kabupaten Kepulauan Yapen

HARIANNKRI.COM – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar pelatihan penggunaaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Aplikasi ini digunakan untuk mengelola keuangan dan pembangunan desa/kampung yang transparan serta akuntabel.

Pelatihan ini digelar di gedung Silas Papare jalan Irian kota Serui Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua, Selasa (8/10/2019). Diikuti oleh 79 kampung yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen, terdiri kepala dan kaur keuangan (158 orang), aparat Distrik (13 orang), pendamping desa (13 orang) dan pendamping Kabupaten/ Tenaga Ahli (6 orang ). Pelatihan ini sendiri di laksanakan selama empat hari yakni tgl 08 – 11 Oktober 2019.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan ini Bupati kepulauan Yapen yang diwakili Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Kesra Gokman Simbolon. Hadir dalam acara ini ketua DPRD, Pimpinan Bank Papua setempat, Ketua OPD dan Forkopimda Kepulauan Yapen.

Baca Juga :  Viral Soal Struk Bukti Transaksi Tol Adalah Hoax

Dalam sambutannya Gokman Simbolon menyampaikan beberapa hal. Salah satunya adalah upaya pemda mengoptimalkan pengelolahan keuangan berbasis aplikasi (siskeudes).

Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini sendiri adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan aparatur kampung sebagai pengelola dana desa dengan menggunakan aplikasi siskeudes. Mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan tahap pelaporan serta pertanggungjawaban. Sehingga pengelolaan keuangan desa oleh pemerintah kampung dapat lebih berdaya guna, berhasil guna, bersih dan tanggung jawab.

Titing P selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung menegaskan tujuan penggunaan aplikasi ini adalah transparasi pengelolaan anggaran desa.

“Dengan adanya pelatihan ini, pemerintah kampung bisa transparan dan akuntabel dalam pengelolaan Anggaran Desa,” ungkap Titing P. (SYN)

Baca Juga :  Kepulauan Yapen Menggelar Nikah Massal Catatan Sipil
Loading...