Simulasi Penanganan Pasien Terindikasi Covid-19 di RSUD Kapuas

Simulasi Penanganan Pasien Terindikasi Covid-19 di RSUD Kapuas
Para dokter di RSUD Kapuas

HARIANNKRI.COM – Semakin maraknya penyebaran virus Corona (Covid-19), RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan uji coba penanganan pasien terindikasi Covid-19, Rabu (18/3/2020). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Rumah Sakit dr. Agus Waluyo, anggota NCC PSC 119, dan para dokter RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo.

Sebelum memulai kegiatan tersebut, para dokter menjelaskan dan memperkenalkan tata cara pemasangan dan pelepasan  Alat Pelindung Diri (APD) saat penanganan pasien yang positif terkena Covid-19. Simulasi dimulai dengan pembawaan pasien oleh NCC PSC 119 menggunakan ambulan, setelah itu pasien dibawa ke ruang pemeriksaan untuk di rontgen dan di cek hasilnya apakah pasien positif atau negatif terinfeksi virus, jika pasien positif terkena virus corona pasien akan di rujuk ke RSUD Doris Sylvanus yang ada di palangkaraya, Simulasi tersebut juga memperlihatkan pembersihan mobil ambulan yang dipakai saat membawa pasien.

Baca Juga :  Mamapas Lewu Upacara Tolak Bala Suku Dayak Digelar di PDAM Kapuas

Di tempat yang sama Dr. Solestyanto mengatakan kegiatan simulasi ini bisa menjadi panduan tata cara bagaimana penanganan pasien terindikasi Covid-19 untuk diketahui kepada masyarakat luas. Ia berharap kegiatan ini juga bisa menjadi suatu pencerahan bagi masyarakat tentang apa saja yang harus di ikuti dan tidak salah kaprah dalam hal penanganan covid-19 tersebut.

“Simulasi ini juga bertujuan untuk melihat apa saja kekurangan saat menangani pasien sehingga dapat di perbaiki kekurangan tersebut untuk ke depannya,” ucapnya. (ROB)

Loading...