Gugus Tugas Covid-19 Kapuas: 2 Positif Corona, 9 ODP

Gugus Tugas Covid-19 Kapuas: 2 Positif Corona, 9 ODP
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kapuas Dr H Junaidi SE SKM M.AP M.Kes didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan dr Tri Setya Utami saat melakukan konferensi pers di Posko Induk Jalan Maluku, Selasa (21/4/2020) siang.

HARIANNKRI.COM – Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas (Gugus Tugas Covid-19 Kapuas) Dr H Junaidi SE SKM M.AP MKes menyampaikan perkembangan terbaru per Selasa (21/4/2020) siang. Pasien Positif Corona di Kapuas bertambah satu orang, sehingga total ada dua pasien.

Demikian disampaikan H Junaidi saat menggelar konferensi pers di Posko Induk Jalan Maluku, Selasa (21/4/2020) siang. Ia didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan dr Tri Setya Utami.

Disampaikan pula, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Kapuas sebanyak 9 orang. Mereka tersebar di lima Kecamatan. Diantaranya Kecamatan Kapuas Hulu, Selat, Kapuas Timur, Pulau Petak dan Kecamatan Kapuas Kuala. Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah dua orang yang terbagi di Kecamatan Selat dan Basarang.

610X200 HUT Kapuas

“Penambahan satu orang ini berasal dari PDP di Kecamatan Selat yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan beberapa waktu lalu. Dan sudah kita tempatkan di rumah karantina oleh Pemerintah Daerah. Yang mana akan selalu dilakukan pengecekan secara berkelanjutan,” ucap H Junaidi.

Baca Juga :  Pelaksanaan Melasti di Jembrana Bali Awali Rangkaian Hari Raya Nyepi

Sementara itu Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan dr Tri Setya Utami menjelaskan, pasien positif Corona terbaru ini memiliki riwayat klaster dari Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Sebelumnya, pasien tersebut telah berstatus ODP.

“Untuk pasien yang positif ini sudah kami karantina di tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah. Kondisi pasien untuk sekarang sudah sehat. Namun akan terus kami lakukan pemantauan sesuai dengan protokol kesehatan secara terus. Sampai dipastikan sudah sembuh,” ungkap dr Tri.

700 Covid Hariannkri

Selanjutnya, dr Tri juga menambahkan pemeriksaan juga dilakukan kepada masyarakat yang berstatus Orang Tanpa Gangguan (OTG). Yaitu orang-orang yang telah melakukan kontak kepada ODP maupun PDP.

Konferensi pers diawali H Junaidi yang juga Kadis Kominfo Kapuas dengan menyampaikan keprihatinan dari Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat atas bertambahnya satu pasien positif. Bupati Kapuas meninta masyarakat semakin sadar dan memahami kondisi yang terjadi sekarang ini.

“Masyarakat harus semakin sadar tentang betapa berbahayanya penyebaran virus ini. Oleh karena itu saya harap masyarakat tidak menganggap remeh virus ini, tetapi tetap untuk selalu tenang. Dan mentaati himbauan-himbauan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah Daerah,” kata H Junaidi.

Baca Juga :  Ary Egahni: Sehat Atau Sakit, Keluar Rumah Harus Gunakan Masker

Melalui Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kapuas, Bupati Kapuas juga berharap masyarakat Kapuas, khususnya para pedagang yang berjualan di pasar untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. Untuk sementara waktu, masyarakat dihimbau tidak melakukan mudik atau keluar daerah dulu hingga keadaan sudah dipastikan aman.

Bupati Kapuas melalui Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kapuas juga kembali menegaskan agar posko-posko perbatasan harus tegas dan selektif dalam melakukan pengecekan. Kepada  masyarakat Kapuas diharuskan mentaati anjuran-anjuran dari Pemerintah agar di rumah saja.

“Tetap jaga kondisi kesehatan dan kalau bisa untuk sementara waktu jangan pergi ke tempat kerumunan massa. Rajin mencuci tangan serta menjaga kesehatan. Dianjurkan pula untuk  makan makanan yang bergizi. Dan saya tegaskan kembali sekali lagi untuk tetap di rumah saja,” tutur H Junaidi. (AMN)

700 Covid Hariannkri
Loading...