API SBT Akan Benahi Wisata Air Panas Desa Nif

API SBT Akan Benahi Wisata Air Panas Desa Nif
Rombongan Aliansi Pemuda Idaman Seram Bagian Timur (SBT) saat safari ke desa Nif, Senin (16/11/2020)

HARIANNKRI.ID – Aliansi Pemuda Idaman Seram Bagian Timur (API SBT) melakukan safari edukasi ke Dusun Nif dan Boinhia Kecamatan Teluk Waru Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku. Safari ini dilakukan untuk mengumpulkan aspirasi dan keluhan masyarakat setempat, terutama masalah pendidikan dan sosial.

Safari kali ini merupakan safari yang kedua, setelah sebelumnya API SBT berkunjung ke Desa Boinhia untuk observasi persoalan pendidikan dan sosial masyarakat. Aliansi ini terdiri dari gabungan Organisasi kepemudaan (OKP) Islam; Gerakan Pemuda Islam (GPI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Pelajar Islam Indonesia (PII). Di Dusun Nif, API SBT disambut oleh Kepala Dusun Nif dan Imam Masjid Al- Hijrah Dusun Nif, Senin (16/11/2020).

Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) GPI Maluku, Talimuddin Rumaratu menjelaskan, berdasarkan data yang dirangkum, API SBT menyimpulkan ada tiga masalah utama masyarakat di dua daerah tersebut, yakni Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi. Pihaknya akan membantu menyelesaikan permasalahan yang ada berdasarkan skala prioritas.

Baca Juga :  HMI Cabang Namlea Minta DPRD Buru Panggil Kontraktor GOR

Rumaratu menuturkan, saat safari edukasi di dusun Nif, pihaknya telah mengobservasi lokus kegiatan dan ditemukan permasalahan yang hampir sama dengan beberapa desa lain. Masalahnya yakni ada potensi yang tidak dimanfaatkan secara baik.

“Nif memiliki wisata alam air panas, namun tidak terawat. Sehingga kurang diminati wisatawan. Selain itu Nif juga merupakan jalur masuk ke ibu kota kabupaten Seram Bagian Timur, sehingga Nif perlu ditata dengan baik,” tutur Rumaratu.

Ketua Umum PW GPI Maluku ini melanjutkan, API SBT akan mendampingi masyarakat Nif melakukan penataan wilayah dan perawatan jalur wisata alam air panas. Diharapkan, nantinya akan memberikan pendapatan baru bagi masyarakat sekitar.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum KAMMI SBT Bakri Siwa Siwan menambahkan, kehadiran KAMMI memiliki tujuan yang serupa. Selain itu, ada program non fisik yang dilakukan KAMMI SBT, yakni pemanfaatan Masjid sebagai pusat dakwah Islam.

Baca Juga :  GPI Jakarta Raya Gelar Kaderisasi dan Rakerwil di Puncak

“Kami akan jadikan Masjid sebagai Pusat Dakwah Islam. Untuk merangsang tumbuhnya kecerdasan anak dan membentuk masyarakat Baldhatun Thaibatun Warabbun Gofur,” kata Bakri.

Ketua Umum HMI-MPO Cabang Persiapan SBT, Qomariah Tianlean menambahkan, nantinya, solusi yang dirumuskan oleh API SBT akan bersifat partisipatori. Mereka akan bersama dengan masyarakat setempat menjalankan semua program yang ada.

“Program API SBT ini bisa sukses jika katong (kita-red) lakukan dengan cara masohi (gotong royong-red). Sehingga itu, beta (saya-red) harapkan agar masyarakat Nif dapat membantu dan bekerja sama. Demi penataan Dusun Nif lebih baik kedepan,” tutupnya. (HRN)

Loading...