Kunjungi Raja Ampat, Wamen Agraria Serap Aspirasi Masyarakat Papua

Kunjungi Raja Ampat, Wamen Agraria Serap Aspirasi Masyarakat Papua
Wakil Menteri Agraria Surya Tjandra (tengah) saat pembukaan dialog dengan Pemda Raja Ampat, Kamis (19/11/2020)

HARIANNKRI.ID – Wakil Menteri Agraria (Wamen) Surya Tjandra mengunjungi Kabupaten Raja Ampat untuk berdialog dan mendengan aspirasi dengan Pemerintah Daerah setempat terkait upaya percepatan pembangunan dan kesejahteraan.  Selain berdialog, Surya Tjandra juga membagikan sertifikat tanah kepada pemerintah dan masyarakat.

Surya Tjandra menegaskan, kedatangan dirinya sebagai Wamen agraria di Kabupaten Raja Ampat guna mendengar aspirasi dari warga Papua. Kunjungan yang sertai dengan dialog tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Raja Ampat, Kamis (19/11/2020).

“Jadi tujuan pertama adalah belajar memahami apa sih aspirasi Papua itu. Apa yang menjadi keprihatinan. Apakah memang seluruh tanah di wilayah Papua ini sudah ada pemiliknya? Bagaimana dengan penghormatan terhadap masyarakat adat. Bagaimana peluang-peluang kita juga mengkombinasikan dengan pembangunan,” kata Wamen Agraria.

Baca Juga :  Menimbang Raja Ampat Berwacana. Opini Abraham O Fatot

Dalam dialog tersebut, Asisten Administrasi Umum, Yulianus Mambraku menuturkan salah satu kendala pembangunan di daerahnya. Menurutnya, konflik pertanahan menjadi salah satu faktor yang menghambat proses pembangunan.

“Semua orang butuh tanah atau lahan untuk berbagai keperluan. Selain itu, khusus kondisi kami di Raja Ampat yakni sebagian besar lahan masuk dalam zona cagar alam atau hutan lindung. Wilayah daratan hanya mencakup 20 persen. Itu pun sebagian besar masuk dalam zona hutan lindung atau cagar alam. Kondisi-kondisi seperti inilah yang sering menjadi tantangan dan hambatan bagi kami Pemda,” ujar Yulianus Mambraku.

Ia menambahkan, dalam rangka untuk mencapai tujuan reforma agraria, Pemda Raja Ampat telah membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).

Baca Juga :  Media Banyuwangi Gelar Kegiatan Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim

“Dalam rangka tercapainya tujuan reforma agraria, Pemda Raja Ampat juga telah membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria. Yaitu terselenggaranya aset reform disertai akses reform,” tutupnya. (HSG)

Loading...