Unggul Di Semua Dapil, Faris Ori Menang Telak di Pilkada Raja Ampat

Unggul Di Semua Dapil, Faris Ori Menang Telak di Pilkada Raja Ampat
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati SE. dan Orideko Iriano Burdam SIP,MM,M.Ec.Dev, (Faris Ori)

HARIANNKRI.ID – Pasangan Abdul Faris Umlati SE. dan Orideko Iriano Burdam SIP,MM,M.Ec.Dev, dipastikan memenangkan Pilkada Raja Ampat setelah menang telak di semua distrik, berdasarkan perhitungan real count lembaga Survey Indexpool Indonesia dari 205 TPS di seluruh Raja Ampat.

Faris Ori dipastikan memenangkan Pilkada Raja Ampat, 9 Desember 2020 setelah dilakukan perhitungan Exit pool, Quick Count dan Real Count oleh lembaga survey Indexpool Indonesia, dari ketiga hasil baik exit count, quick count maupun real count, ketiganya menunjukkan hasil yang sama dimana Faris Ori menang mutlak di seluruh Dapil.

“Satu jam setelah pencoblosan, hasil exit pool sudah keluar dimana Faris Ori unggul sudah unggul diatas 54 persen. Dengan sample dari dua Dapil besar yakni Misool dan Waisai. Kemudian perhitungan cepat dengan sampel dari 24 distik ,Faris Ori unggul 63 %. Dan yang terkahir adalah hasil perhitungan nyata atau real count dari 205 TPS di seluruh Raja Ampat, Faris Ori unggul 66,84 %,“ jelas Mustamin Wahid dari Indexpool di Waisai, Jumat (11/12/2020).

Baca Juga :  Pilkada Raja Ampat. Opini Hizkia Samagita

Lebih lanjut dijelaskan Mustamin, dalam perhitungan suara, Indexpool tidak menggunakan hanya satu metode saja. Indexpool menggunakan 3 metode untuk memperoleh hasil yang valid. Ketiga metode itu adalah exit pool, quick count dan real count.

Exit pool dilakukan dengan mewawancarai pemilih secara langsung face to face dengan mengambil sample di Dapil besar dengan jumlah pemilih terbanyak di Waisai dan Misool. Sementara quick count dilakukan dengan penyebaran sampel di 24 distrik. Dan terakhir adalah real count yakni menginput data langsung dari 205 TPS di seluruh Raja Ampat.

Menurut Mustamin, pada prinsipnya akan menunggu hasil rekapitulasi KPU. Namun, ia mengaku, selama Indexpool melakukan riset atau perhitungan suara di Pilkada, hasil real count tidak pernah meleset.

Baca Juga :  Persidangan MK Etalase Pertarungan Kejujuran dan Kecurangan

“Hasilnya selalu mirip antara 1 sampai dengan 3 persen, pada exit pool maupun quick count. Namun dalam real count, tidak ada margin eror. Karena merupakan hasil data real langsung dari TPS,” katanya.

Dari hasil perhitungan real count atau data real, Faris Ori unggul di semua daerah pemilihan (Dapil). Dapil I Faris Ori 5.001 – Kotak Kosong 2.807, Dapil II Faris Ori 3.690 – Kotak Kosong 2.788, Dapil III Faris Ori 3.414- Kotak Kosong 1.697, Dapil IV Faris Ori 7.926 – Kotak Kosong 1.947, Dapil V Faris Ori 2.819 – Kotak Kosong 2.097. (HSG)

Loading...