LMA Malamoi Gelar Pertemuan Dengan Mahasiswa Moi, Siapkan Kongres ke IV HIMAMSI

LMA Malamoi Gelar Pertemuan Dengan Mahasiswa Moi, Siapkan Kongres ke IV HIMAMSI
Pertemuan Dalam Rangka Pembentukan Panitia Kongres HIMAMSI Ke IV Tahun 2021, Senin (18/1/2021)

HARIANNKRI.ID – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Malamoi mengelar pertemuan bersama mahasiswa Moi dalam rangka pemilihan Panitia Kongres ke IV Himpunan Mahasiswa Moi Seluruh Indoneaia (HIMAMSI). Pertemuan tersebut digelar setelah LMA mendapat laporan dari beberapa mahasiswa Moi terkait organinasinya yang sejak Agustus 2020 hingga Januari tidak berjalan sesuai harapan.

Hal ini disampaikan Ketua LMA Malamoi, Silas O Kalami, S.Sos, MA. . Pertemuan tersebut digelar di gedung Keik Malamoi KM.13 Klasaman Kota Sorong. Ia menuturkan, dirinya menerima laporan tersebut saat para mahasiswa berkunjung ke diamannya, Sabtu (9/1/21).

“Ada beberapa mahasiswa yang menemui saya di kediaman jalan Bambu Kuning. Mereka menyampaikan tentang telah berakhirnya masa jabatan DPP HIMAMSI pada kongres bulan Agustus 2017. Dimana dalam kongres itu diputuskan dalam angggaran dasar yang menjadi keputusan sidang. Bahwa kepengurusan DPP HIMAMSI itu selama tiga Tahun dari 2017-2020 ” kata Ketua LMA Malamoi, Senin (18/1/2021).

Ditambahkannya, sebagai pimpinan Lembaga Masyarakat Adat Malamoi, ia mengambil langka demi perbaikan organisasi mahasiswa Moi sebagai bagian dari sayap LMA Malamoi itu sendiri.

“Akhirnya saya sebagai Ketua LMA. Apalagi mahasiwa Moi merupakan bagian dari masyarakat adat Moi. Mengambil langkah bahwa saya akan membantu saudara-saudara untuk berkumpul dan mempersiapkan kongres HIMAMSI,” tambah Silas.

Baca Juga :  Satker Wilayah III Maybrat Bekerja Menyangkut Perut, Melayani Semua

Silas O Kalami meyakini, kegiatan kongres seharusnya digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat Himamsi itu sendiri sebelum tiga bulan menjelang berakhirnya masa jabatan. Hal ini sebagaimana yang telah ditetapkan dalam AD-ART Organisasi.

“Sebenarnya kalau secara wajar kongres itu semestinya digelar oleh pengurus DPP HIMAMSI sebelum tiga bulan masa jabatan berakhir seharusnya dibentuk panitia kongres,” kata Silas.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa langka yang di ambil oleh Lembaga Masyarakat Adat Malamoi merupakan tanggung jawabnya sesuai dengan AD-ART LMA Malamoi Tahun 2018.

“Saya terpaksa mengambil alih, dasar hukum saya adalah AD/ART, terutama AD Organisasi Masyarakat Adat Moi Tahun 2018 Tentang Organisasi Sayap Gerakan Malamoi Pasal 25, Ayat 1, 2 dan 3,” tuturnya

Yang menyebutkan bahwa :

  1. Organisasi Masyarakat Adat Malamoi memiliki organisasi sayap Gerakan Malamoi yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Moi, Organisasi Perempuan Moi, Himpunan Intelektual Moi, Baarisan Muda Malamoi dan Seni Budaya Malamoi
  2. Masing-Masing organisasi sebagaimana ayat 1 pasal ini, dapat memiliki nama, AD-ART dan program kerja berdasarkan hasil musyawarah organisasi masing-masing
  3. Apabila terjadi kefakuman organisasi dan atau masalah internal yang menyebabkan organisasi sayap tidak berjalan maksimal, Maka LMA Malamoi dapat melalkukan intervensi untuk perbaikan organisasi
Baca Juga :  Bupati Tulangbawang Hadiri Rapat Paripurna Pengesahan RAPDP

Ia mengatakan bahwa dari AD-ART tersebut yang menjadi rujukan sehingga dirinya berani untuk mengambil langka untuk menggelar kongres tersebut.

“Jadi anggaran dasar ini jelas mengatur bahwa kalau terjadi hal-hal seperti itu, lembaga adat bisa mengambil inisiatif untuk menata kembali kepengurusan HIMAMSI, Sehingga saya tetap mengambil langka untuk segera digelar kongres,” ucap silas

Dijelaskannya bahwa sebagai ketua LMA Malamoi mempunyai hubungan yang baik dengan ketua Himamsi agar kedua organisasi tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Secara pribadi saya punya hubungan yang baik dengan saudara Ines, komunikasi kami baik, sebagai ketua HIMAMSI dan Ketua LMA Malamoi namun ini demi penataan organisasi,” tambahnya.

Sebagai pucuk pimpinan ia sangat berharap kepada semua mahasiswa baik panitia yang dibentuk maupun pengurus yang untuk sama-sama mendukung kongres nantinya

“saya harap semua mahasiswa Moi, termasuk pengurus yang lama memberikan dukungan kepada panitia yang terbentuk untuk menggelar kongres, kerana apapun, kepentingan mahasiwa moi harus diutamakan diatas kepentingan pribadi dan golongan,” harapnya, (HSG)

Loading...