Polda Jateng Kunjungi Posko PPKM Mikro Kabupaten Kebumen

Polda Jateng Kunjungi Posko PPKM Mikro Kabupaten Kebumen
Kasubditbinpolmas Dit Binmas Polda Jateng AKBP M Toha bersama Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama saat berkunjung ke Posko PPKM Mikro, Selasa (2/3/2021)

HARIANNKRI.ID – Polda Jateng melalui Dit Binmas Polda mengunjungi sejumlah Posko PPKM Mikro di wilayah Kabupaten Kebumen. Kunjungan ini dalam rangka memberikan semangat serta bentuk dukungan kepada perangkat Posko dalam memerangi covid-19.

Kunjungan Kasubditbinpolmas Dit Binmas Polda Jateng AKBP M Toha didampingi Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama. Turut mendampingi pejabat utama Polres Kebumen serta Kapolsek jajaran di tiap-tiap kecamatan.

Sedikitnya ada 6 Posko yang dikunjungi, Selasa (2/3/2021) mulai siang hingga petang.Yakni Posko PPKM Mikro Desa Sembir Kadipaten Kecamatan Prembun, Desa Ungaran Kecamatan Kutowinangun, Desa Wonosari Kecamatan Kebumen, Desa Karangpoh Kecamatan Pejagoan, Desa Sidomulyo Kecamatan Karanganyar dan Desa Wonosigro Kecamatan Gombong.

“Dari kegiatan ini, kami ingin menyemangati rekan-rekan di lapangan terutamanya di Posko PPKM Mikro. Semangat kita, harus dibangun terus dan saling mendukung serta saling memotivasi,” ujar AKBP M Toha di sela kunjungan.

Ia melanjutkan, berdasarkan hasil pantauan, Posko PPKM Mikro yang didirikan oleh tiap-tiap desa memiliki fasilitas lengkap. Termasuk ruang isolasi yang bisa digunakan setiap saat berikut perlengkapannya. APD juga disedikan lengkap bersama dengan berjerigen-jerigen disinfektan untuk menunjang operasional PPKM Mikro di tiap-tiap desa.

Baca Juga :  Komando Tim Relawan BTI Siap Tanggung Biaya Carter Mobil Wartawan

Sementara itu, AKBP Piter Yanottama menyebut posko PPKM Mikro yang telah didirikan sampai ke desa-desa di wilayah Kebumen menunjukkan kinerjanya yang maksimal. Saat ini, tidak ada kecamatan di Kebumen yang berada di zona merah, atau kondisi dengan penularan tinggi.

“Alhamdulillah, Desa Ungaran yang kita kunjungi Posko PPKM Mikronya, sejak akhir bulan Januari sudah zona hijau. Dan ini terus bertahan sampai sekarang,” ungkap AKBP Piter Yanottama.

Ia melanjutkan, melalui Posko PPKM Mikro, warga akan selalu dieudukasi dan diawasi mengenai kebiasaannya terutama Protokol Kesehatan 5 M. Edukasi dan pengawasan dilakukan melalui kegiatan Operasi Yustisi, ataupun kegiatan sosialisasi secara langsung. Warga selalu diingatkan untuk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga :  Meski Dihentikan, Kapolres Kebumen Pastikan Tetap Pantau Pencarian Nelayan Yang Hilang

“Posko PPKM Mikro akan bergerak cepat manakala terdapat warga yang terkonfirmasi positif. Selanjutnya diimbau untuk isolasi mandiri di rumah bagi yang tidak bergejala. Serta karantina mandiri di rumah sakit bagi mereka yang mengalami gejala klinis,” imbuhnya.

Kapolres Kebumen menambahkan, melalui pantauan Posko PPKM Mikro, Bhabinkamtibmas dari Polri dan Babinsa dari TNI akan melakukan tracer bersama petugas kesehatan kepada warga yang dicurigai telah kontak erat. Selain itu, PPKM Mikro melakukan pengawasan terhadap Satgas Jogo Tonggo di tiap-tiap RW dalam memenuhi keperluan warga yang sedang isolasi mandiri.

Sambutan positif diungkapkan Ketua PPKM Mikro Desa Ungaran Aris Pambudi atas kunjungan Dit Binmas Polda Jateng.

“Alhamdulillah Pak. Terimakasih atas kunjungannya. Kami merasa diperhatikan, sehingga kami lebih semangat dalam memerangi COVID-19 melalui PPKM Mikro yang kami dirikan bersama unsur terkait,” tutur Kades Ungaran ini. (OSY)

Loading...