Kapolsek Waigeo Selatan Gelar Pengajian Bersama Anak Sekolah

Kapolsek Waigeo Selatan Gelar Pengajian Bersama Anak Sekolah
Kapolsek Waigeo Selatan, IPDA Rifki Istanto, S.Tr.K Ketika Mengaji Mengajarkan rukun iman dan rukun Islam Kepada Anak-Anak.

HARIANNKRI.ID – Kapolsek Waigeo Selatan, Ipda Rifki Istanto mengadakan kegiatan mengaji bersama anak-anak sekolah. Pengajian ini dipusatkan di Balai Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan), Kompleks Pantai WTC, Jalan Fundar Sakela, Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat.

Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolsek Waigeo Selatan, beserta jajaran anggota Polsek Waigeo Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (3/5/2021) Pukul 17.40 WIT.

Usai pengajian, Kapolsek Waigeo Setalan menjelaskan bahwa kegiatan pengajian yang dilakukan pihaknya bersama anak-anak sekolah di Distrik Waisai ini telah diadakan selama awal pelaksanaan jalannya ibadah puasa bulan suci Ramadhan 1442 Hijariah. Menurutnya, kegiatan pengajian ertujuan menguatkan nilai keimanan dan taqwa anak-anak selama bulan puasa.

“Mengingat di bulan puasa ini anak-anak dirumah memiliki banyak waktu luang. Karena itu, kita adakan kegiatan mengaji bersama di Balai Presisi Polsek Waigeo Selatan. Kegiatan mengaji bersama ini sifatnya untuk memfasilitasi anak-anak. Dalam rangka meningkatkan nilai keimanan dan nilai ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu wa ta’ala (SWT-red). Selama menjalankan bulan suci Ramadhan serta di kehidupan sehari-hari. Sekaligus, pemanfaatan penggunaan fasilitas balai Presisi yang berada di Polsek Waigeo Selatan,” Jelas Kapolsek Waigeo Selatan.

Baca Juga :  Pemkot Padangsidimpuan Gelar Diklat Pemantapan Pengamanan Pemilu

Ipda Rifki Istanto menuturkan, kegiatan mengaji bersama ini seperti ini agar anak-anak diajarkan bacaan surat-surat pendek. Selain itu, mengajarkan mereka penghafalan terkait 6 rukun iman dan 5 rukun Islam. Tak hanya itu, anak-anak juga diajarkan tentang nilai-nilai yang terkandung pada saat kita sedang menjalankan Ibadah Puasa, diantaranya, melatih kesabaran, serta menghargai orang-orang yang kesusahan.

“Jadi, intinya kegiatan mengaji ini kita lebih mengajarkan kepada anak-anak nilai-nilai yang bersifat mendidik. Kegiatan pengajian ini sudah dilaksanakan rutin selama bulan puasa termasuk yang kita lakukan di hari ini (kemarin.red). Bagi anak-anak ketika di rumah tidak ada kegiatan lain kita fasilitasi dibalai presisi,” tutur¬†Ipda Rifki Istanto.

Kapolsek Waigeo Selatan Gelar Pengajian Bersama Anak Sekolah
Kapolsek Waigeo Selatan, IPDA Rifki Istanto, S.Tr.K Ketika Mengaji Mengajarkan Surat-Surat Pendek Kepada Anak-Anak.

Selain Pengajian, Kapolsek Waigeo Selatan Aktifkan Posko Gracias

Dibeberkannya, sebelumnya di lokasi yang sama (Balai Presisi.red) telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya mengaktifkan Posko Gracias (Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahtera). Dengan menyediakan Wi-Fi gratis bagi anak-anak sekolah. Untuk melakukan aktivitas belajar melalui daring atau bertatap muka secara online.

Baca Juga :  Yayasan Alfarisi Tapos: Romadhon di Tengah Pandemi Covid-19 Itu Ujian

“Disaat Pandemi Covid-19 itukan terjadi beberapa kendala. Diantaranya, anak-anak sekolah harus mengikuti pembelajaran melalui daring yang mana mereka sangat membutuhkan layanan Internet. Untuk itu lewat program Gracias kami (Polsek. red) menyediakan Wi-Fi gratis bagi anak-anak sekolah ketika melakukan aktivitas pembelajaran,”ujarnya

Pria berpangkat satu balok bewarna emas dipundaknya itu mengaku, Memanfaatkan fasilitas balai Presisi di Polsek Waigeo Selatan. Pertama, selain menjadi pusat pelayanan kepolisian juga digunakan sebagai fungsi pelayanan masyarakat

“Untuk itu, bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat umum ataupun di luar dari kegiatan, kepolisian pun tetap dipersilahkan,”pungkas Ipda Rifki Istanto.

Pantauan media ini, diakhir kegiatan mengaji Kapolsek Waigeo Selatan dan jajarannya membagikan makanan dan minuman ringan kepada anak-anak untuk berbuka puasa. Selanjutnya, mengantarkan anak-anak kembali kerumah mereka masing-masing. (HSG)

Loading...