Perahu Wisata Waduk Kedung Ombo Terbalik, 9 Orang Meninggal

Perahu Wisata Waduk Kedung Ombo Terbalik, 9 Orang Meninggal
Tangkapan layar video amatir peristiwa perahu wisata Waduk Kedung Ombo terbalik, Sabtu (15/5/2021)

HARIANNKRI.ID – Seluruh korban yang hilang pada insiden Perahu Wisata Waduk Kedung Ombo Terbalik, Sabtu (15/5/2021) telah ditemukan secara berkala dalam kondisi meninggal dunia. Dari total 20 orang penumpang, 11 dinyatakan selamat dan 9 lainnya meninggal dunia.

Menurut penjelasan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar, para penumpang perahu wisata tersebut, setelah berputar putar kemudian mereka kembali, lalu berselfi foto diatas perahu. Karena muatan terlalu banyak, akhirnya perahu itu terbalik. Sebanyak 11 orang penumpang berhasil selamat, namun sembilan orang tenggelam dan belum ditemukan.

“Setelah berputar putar, kemudian mereka melakukan Selfi diatas perahu. Karena perahu tidak kuat, akhirnya perahu tersebut terbalik, semua penumpang tercebur kedalam air,” ucap Kombes Pol Iskandar, Sabtu, (16/5/2021).

Lanjutnya, Kapolda Jateng memerintahkan kepada pengelola wisata Kedung Ombo untuk menutup lokasi wisata. Pengelola dianggap tidak menerapkan prokes dan prosedur keselamatan, serta kapasitass pengunjung melebih kapasitas yang ditentukan.

Baca Juga :  Jelang HUT Kota Sorong Ke-21, KNPI Bagi-Bagi Masker

“Kapolda Jateng perintahkan tutup lokasi Wisata Kedung Ombo mulai hari ini juga. Karena tidak mematuhi Prokes dan melanggar kapasitas pengunjung yang ditentukan,” ungkapnya.

Perahu Wisata Waduk Kedung Ombo Terbalik, 9 Orang Meninggal
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Minggu (16/5/2021)

Seluruh Penumpang Perahu Wisata Waduk Kedung Ombo Terbalik Yang Hilang Ditemukan Meninggal

Sesaat setelah kejadian, petugas dibantu masyarakat sekitar segera melakukan pencarian secara intensif. Dari 9 orang yang hilang, Sabtu petugas gabungan berhasil menemukan 6 orang yang sempat dinyatakan hlang sudah dalam keadaan meninggal.

Pada hari minggu, 3 penumpang yang dinyatakan hilang kembali setemukan dalam kondisi meninggal. Sehingga total penumpang yang sempat dnyatakan hilang semuanya ditemukan dalam kondisi meninggal karena tenggelam.

“Ironisnya, dalam kejadian itu, korban terbanyak adalah anak anak,” kata Kapolda Jateng saat mengunjungi TKP, Minggu (16/5/2021).

Perahu Wisata Waduk Kedung Ombo Terbalik, 9 Orang Meninggal
Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar, Senin (17/5/2021)

Himbauan Kabid Humas Polda Jateng Kepada Masyarakat

Ditemui di Mapolda Jateng, Senin (17/5/2021), Kombes Pol Iskandar berharap agar kejadian di Waduk Kedung Ombo tidak terulang lagi. Ia pun menghimbau masyarakat pentingnya menjaga protokol kesehatan, termasuk di lokasi wisata.

Baca Juga :  Kapolres Kebumen Pimpin Sertijab 3 Posisi Pimpinan di Jajarannya

“Karena di lokasi Kedung Ombo kemarin tampak terlihat pengunjung yang melebihi kapasitas. Dan tidak menggunakan masker,” katanya.

Selanjutnya, ujar Kabidhumas Polda Jateng, jika lokasi wisata sudah penuh, Polda Jateng berharap untuk tidak melakukan wisata di tempat tersebut. Hal ini untuk menghindari terjadinya penyebaran virus Covid 19. Terkait dengan wisata air, hal ini perlu dilihat oleh pengunjung adalah kapasista dilokasi wisata air itu sendiri.

“Jika kapasitas perahu hanya untuk 10 orang jangan sampai ditambah lagi penumpang, kedua perhatikan jika itu perahu atapun kapal tidak memiliki pelampung untuk penumpang, lebih baik tidak usah untuk menaiki perahu tersebut, Ini yang kita himbau kepada warga masyarakat,” pungkasnya. (OSY)

Loading...