Korem 121 Alambhana Wanawai Beri Materi Pengetahuan Kompas ke Siswa Pramuka

Korem 121 Alambhana Wanawai Beri Materi Pengetahuan Kompas ke Siswa Pramuka
Personel Korem 121 Alambhana Wanawai memberikan materi pengetahuan Kompas kepada siswa-siswi Pramuka SMK Muhammadiyah Sintang di Makorem 121 Alambhana Wanawai Kabupaten Sintang kalimantan Barat, Sabtu (19/6/2021)

HARIANNKRI.ID – Personel Korem 121 Alambhana Wanawai memberikan materi pengetahuan Kompas kepada siswa-siswi Pramuka SMK Muhammadiyah Sintang. Penyampaian materi dilaksanakan di Makorem 121 Alambhana Wanawai Kabupaten Sintang kalimantan Barat, Sabtu (19/6/2021).

Praja Muda Karana (Pramuka) adalah suatu organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka itu sendiri memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya dengan sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Sifat-sifat ini diimplementasikan kepada makhluk hidup terutama kepada sesama manusia serta terhadap lingkungan hidup.

Ada beberapa jenis kegiatan dalam kepramukaan. Setiap kegiatan disesuaikan dengan tingkatan masing-masing. Baik untuk Siaga, Penggalang, penegak maupun Pandega. Hal ini tentunya disesuaikan dengan tingkatan umur dan pola pikir dari anggota Pramuka itu sendiri.

Materi Pengetahuan Kompas Untuk Pramuka SMK Muhammadiyah Sintang

Demikian halnya yang dilaksanakan oleh SMK Muhammadiyah Sintang yang berada di Makorem 121 Alambhana Wanawai Sabtu 19 juni 2021. Dengan dibantu oleh anggota Korem 121 Alambhana Wanawai, mereka melaksanakan kegiatan kepramukaan kepada siswa-siswi tersebut.

Baca Juga :  LSM CII Indonesia Gelar Pelatihan Pramuka Menggunakan Modul PLH

Dua orang personel Serka Rio dan Serda Andreyus Dono yang memberikan materi penggunaan kompas memaparkan bagaimana cara menggunakan kompas yang benar baik dan benar. Baik kompas digunakan sebagai alat untuk menentukan arah mata angin. Maupun untuk menentukan suatu arah yang akan dituju apabila digunakan pada saat berjalan. Hal itu dikemukakan kepada para siswa karena sangat penting apabila menggunakan kompas. Terutama di daerah hutan yang tidak ada petunjuk sama sekali agar tidak tersesat.

Sinergi Korem 121 Alambhana Wanawai dengan SMK Muhammadiyah Sintang

Selain memberikan pengetahuan kompas, sebelumnya Korem 121 Alambhana Wanawai telah beberapa kali melaksanakan kegiatan kepramukaan. Antara lain memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), latihan kepemimpinan, kedisiplinan, dan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi.

Baca Juga :  Kecanduan Sabu Sejak Jadi TKI, AH Ditangkap Sat Resnarkoba Polres Kebumen

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Sintang Asep Muslim, S.Pd, S.M dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat terbantu dengan kesediaan Korem 121 Alambhana Wanawai. Mereka selama ini turut terlibat dalam kegiatan kepramukaan di sekolahnya dan tidak lupa mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya.

“Kami sangat terbantu dengan keterlibatan Korem 121 Alambhana Wanawai dalam kegiatan kepramukaan di sekolah kami. Dengan membagi ilmu yang mereka punya kepada siswa-siswi selama ini. Dan kami juga atas nama sekolah maupun yayasan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Korem 121 Alambhana Wanawai. Karena berkenan meluangkan waktu untuk melatih anak didik kami,” tutur Asep Muslim. (Abd Rahman)

Loading...