Kapolres Salatiga Apresiasi Antusiasme Warga Ikuti Vaksinasi Massal

Kapolres Salatiga Apresiasi Antusiasme Warga Ikuti Vaksinasi Massal
Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS bersama unsur Forkopimda saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Massal Nasional di Salatiga, Sabtu (26/7/2021)

HARIANNKRI.ID – Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS mengapresiasi antusias warga atas serbuan vaksinasi nasional TNI-Polri Kota Salatiga di sejumlah titik dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-75. Salah satunya yang dipantau langsung adalah di Kantor Dinas Perkebunan Jalan Hasanudin Kota Salatiga dengan jumlah vaksin 2 ribu dosis vaksin.

Dijelas AKBP Rahmad Hidayat SS, pelaksanaan vaksinasi dibagi di 17 titik, untuk jumlah peserta terbanyak adalah yang dilaksanakan di Kantor Disbun yaitu 2 ribu dosis vaksin dan di Damatex 500 dosis. Sedangkan di titik lainnya baik di Puskesmas maupun di klinik kesehatan yang sudah ditunjuk antara 100 sampai 200 dosis.

“Hari ini Polres Salatiga melaksanakan vaksin massal serentak bersama dengan seluruh Polres yang ada di Indonesia. Dalam rangka mensukseskan vaksin massal yang akan diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Instansi terkait Kota Salatiga. Kita harapkan dengan kegiatan ini dapat menambah kekebalan komunal di Kota Salatiga. Dan tentunya untuk mendukung program pemerintah satu Juta Vaksin sehari’, kata AKBP Rahmad Hidayat SS disela kegiatan, Sabtu (26/6/2021).

Baca Juga :  Dirlantas Polda Jateng: Arus Kendaraan H-3 Melandai

Lebih Lanjut Kapolres Salatiga menyatakan, saat ini terjadi lonjakan kasus Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia, tidak terkecuali Kota Salatiga. Ia berharap kebersamaan empat pilar, yakni Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, TNI dan Polri. Untuk bersama-sama mengimplementasikan PPKM Mikro yang terbukti efektif memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Kapolres Salatiga Sebut Pentingnya 3T

Menurutnya, implementasi PPKM mikro harus dilaksanakan mulai tingkat desa yang berbasis RT-RW. Karena peran Ketua RT/RW, Bidan Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas sangatlah penting dalam rangka 3 T (testing, tracing,treatment) atau pelacakan, pemeriksaan dan perawatan.

“Karena merekalah yang bersentuhan dan mengetahui secara langsung kondisi masyarakat” jelas AKBP Rahmad Hidayat SS.

Ia menekankan, pelaksanaan PPKM mikro supaya memberikan pemahaman mulai dari Lurah, RT RW, Bidan desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas mengenai apa yang harus dilakukan. Lurah bertugas menyiapkan data warganya yang terpapar kemudian menyiapkan tempat isolasi mandiri.

Baca Juga :  Kapolres Salatiga Pimpin Penutupan Exit Tol Tingkir

“Selanjutnya Babinsa dan Babinkamtibmas bertugas untuk membantu bidan desa melaksanakan tracing dan mengawasi pelaksanaan isolasi mandiri. Serta menjalin koordinasi dengan satuan atasnya apabila ada warganya yang membutuhkan perawatan,” ujar AKBP Rahmad Hidayat SS.

Kapolres Salatiga mengapresiasi antusiasme warga Kota Salatiga dalam pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan Polres Salatiga dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75. Ia pun memohon maaf apabila masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dikarenakan keterbatasan ketersediaan.

“Dari alokasi 4 ribu hari ini dan beberapa hari sebelumnya vaksinasi yang di gelar di Open Garage Polres Salatiga dari target 200 vaksin perhari selalu melebihi target. Hal ini tentunya dapat mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi sebanyak satu juta per hari,” tutup AKBP Rahmad Hidayat SS. (STA)

Loading...