Inspektur Jenderal Kemenkumham: Kumham Peduli dan Berbagi Bukan Seremonial

Inspektur Jenderal Kemenkumham: Kumham Peduli dan Berbagi Bukan Seremonial
Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI Razilu pada pembinaan dan refleksi kumham peduli secara virtual, Jumat (6/8/2021)

HARIANNKRI.ID – Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Razilu mengatakan bahwa Pembinaan dan Refleksi Pelaksanaan Kumham Peduli dan Kumham Berbagi bukan sekedar seremonial belaka. Gerakan tersebut adalah momentum kebersamaan dan kegotongroyongan dalam membantu sesama apalagi ditengah pandemi Covid 19.

Razilu menjelaskan, pandemi Covid-19 menjadikan momentum untuk bergerak bersama dalam mengurangi beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi. ‘Berbagi’ merupakan sebuah sarana sebagai bagian dari ibadah dan berperikemanusiaan.

Menurutnya, 4 kekeliruan cara pandang dalam berbagi.  Pertama, bahwa kadang kita berpikir harta adalah mutlak milik kita. Kedua, ada orang yang berpikir berbagi akan mengurangi  jumlah harta. Selanjutnya, ada pemikiran bahwa semakin banyak berbagi semakin banyak harta berkurang. Dan yang terakhir, anggapan bahwa bahagia dan kaya dengan menerima atau diberi.

Baca Juga :  Agus Flores: Pesta Narkoba di Lapas, Copot Dirjen PAS

“Mindset ini Bapak Ibu sekalian harus dirubah, dieliminasi. Harus dikikis habis,” kata Razilu pada pembinaan dan refleksi kumham peduli yang dibalut secara virtual dan diikuti seluruh jajaran satuan kerja di Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Jumat (6/8/2021).

Di sisi lain, mantan Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jateng ini menjelaskan, mindset tepat tentang berbagi, untuk meng-counter pandangan keliru terkait hal yang sama.

Diakhir arahan Razilu mengajak semua pegawai di wilayah lingkup Kemenkumham Jawa Tengah untuk meyakini bahwa berbagi itu sebuah alat untuk menambah jumlah harta, bukan malah mengurangi.

“Semakin banyak berbagi maka akan semakin banyak bertambah harta kita, begitupun sebaliknya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Petugas Dapur Rutan Kelas I Cipinang Selundupkan Sabu

Selaku Irjen Kemenkumham, Razilu juga menyerukan untuk senantiasa mencoba membangun pemahaman bahwa kita akan bahagia dan kaya dengan berbagi, sehingga lebih ringan dalam berbagi. (STA)

Loading...