Polres Kebumen Terjunkan 454 Personel Selama Operasi Lilin 2021

Polres Kebumen Terjunkan 454 Personel Selama Operasi Lilin 2021
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengecek kesiapan Operasi Lilin 2021 Polres Kebumen di <apolres setempat, Kamis (23/12/2021)

HARIANNKRI.ID –  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memimpin apel gelar di halaman Mapolres Kebumen sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin 2021 Polres Kebumen. Ditandai dengan pemasangan pita tanda operasi, kegiatan ini akan digelar mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

“Pelaksanaan pengamanan Nataru ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah, melalui Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” jelas Arif Sugiyanto, Kamis (23/12/2021).

Adapun tema Operasi Lilin 2021 yakni “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021, kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022″.

Baca Juga :  Rumah Sandi Uno Indonesia Bagikan Sembako Kemanusiaan di Raja Ampat

Perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia
untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersuka cita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi.

Hal ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas.

Selanjutnya Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengungkapkan selain fokus pada pengamanan libur Natal dan tahun baru, Polres Kebumen juga masih fokus melakukan pengendalian Covid 19.

“Dalam pengamanan ini yang paling utama adalah mencegah transmisi penyebaran COVID-19. Meski di Kebumen COVID-19 masih sangat terkendali, namun masyarakat tidak euforia,” jelas AKBP Piter.

Perkembangan masuknya varian Omicron di Indonesia turut menjadi kewaspadaan di tengah Operasi Lilin Candi.

Baca Juga :  Polres Kebumen Nge-Prank Pengguna Jalan Pakai Kamera ETLE

Yang harus dilakukan adalah bersama-sama berupaya agar varian Omicron tidak meluas di Tanah Air.

Untuk mensukseskan Operasi Lilin, Polres Kebumen menyiapkan beberapa selama operasi. Diantaranya pos pelayanan terpadu, pos pantau arus lalu lintas, pos pengamanan gereja, pos pengamanan objek wisata, dan pos pengamanan pusat perbelanjaan.

Selanjutnya Polres Kebumen menerjunkan 454 personel dengan dibackup oleh instansi samping selama pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2021. (EST)

Loading...