Polres Kebumen Terima Dua Penghargaan Dari Polda Jateng

Polres Kebumen Terima Dua Penghargaan Dari Polda Jateng
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, saat menerima penghargaan untuk Polres Kebumen dari Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi dalam acara Gelar Opsnal Akhir Tahun 2021 Polda Jateng, di Hotel Atria Kota Magelang pada Selasa (7/12/2021)

HARIANNKRI.ID – Sejumlah prestasi telah dicatat oleh Polres Kebumen pada tahun 2021 ini hingga Polda Jateng pun menghadiahi 2 penghargaan pada Polres yang dipimpin oleh AKBP Piter Yanottama ini. Dua penghargaan tersebut adalah Satker terbaik rangking pertama dalam penyelesaian perkara tahun 2021, dan penghargaan penyaluran tercepat serta tanpa duplikasi bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung  oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi kepada Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, saat Gelar Opsnal Akhir Tahun 2021 Polda Jateng, di Hotel Atria Kota Magelang pada Selasa (7/12/2021).

Mantan penyidik KPK ini melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman menjelaskan, penghargaan ini menjadi hal yang patut disyukuri. Namun yang paling penting adalah lebih meningkatkan lagi kinerja jajaran menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

“Komitmen kami, meski menjadi salah satu yang terbaik. Namun akan terus kami kita tingkatkan,” kata Iptu Tugiman, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga :  Pria Kebumen Meninggal Tertabrak Kereta Api Kahuripan

Catatan Kinerja Polres Kebumen Hingga Terima Dua Penghargaan Dari Polda Jateng

Selama tahun 2021, berdasarkan data yang dihimpun, Polres Kebumen berhasil menyelesaikan 215 kasus. Terdiri dari 166 kasus yang dilaporkan tahun 2021 dan 49 kasus tunggakan tahun 2020. Dengan kata lain, penyelesaian kasus Pidana di tahun 2021 ini, Sat Reskrim Polres Kebumen menyelesaikan 129,5 persen.

Salah satu kasus tinggi yang ditangani Polres Kebumen adalah kasus persetubuhan di bawah umur, di tahun 2021 yakni 24 kasus. Angka ini sedikit lebih meningkat jika dibandingkan tahun lalu yakni 21 kasus.

Selanjutnya penghargaan penyaluran tercepat serta tanpa duplikasi BTPKLW. Polres Kebumen berhasil menyalurkan 100 persen bantuan hanya kurang lebih 1,5 bulan pada bulan September. Seluruh bantuan sebesar 4,2 miliar Rupiah sudah sampai kepada 3500 warga sesui kriteria.

Baca Juga :  Empat Wadah Wartawan Banyuwangi Gelar Insan Pers Berbagi

BTPKLW berbasis sistem yang terintegrasi dengan nomor induk kependudukan atau NIK. Pendataan melibatkan Bhabinkamtibmas di tiap-tiap desa.

“Selanjutnya, Bhabinkamtibmas bertugas menginput NIK calon penerima ke dalam aplikasi admin Puskeu Presisi. Jika calon penerima masuk ke dalam kriteria, diantaranya belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah sistem akan melanjutkan dari calon penerima menjadi penerima bantuan,” tutup Iptu Tugiman. (OSY)

Loading...