Pesan Kapolres Kebumen Jika Ingin Liburan Naik Perahu Wisata

Pesan Kapolres Kebumen Jika Ingin Liburan Naik Perahu Wisata
Kapolres Kebumen saat menaiki perahu wisata naga di Jembangan Wisata Alam (JWA) Poncowarno Kebumen, Selasa (18/5/2021)

HARIANNKRI.ID – Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengingatkan masyarakat untuk memeperhatikan beberapa hal sebelum naik perahu wisata saat liburan. Beberapa hal penting tersebut wajib diketahui untuk mencegah kejadian terbaliknya perahu wisata di Waduk Kedung Ombo Desa Wonoharjo Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Jawa Tengah pada Sabtu 15 Mei 2021 lalu.

Pesan ini disampaikan Kapolres Kebumen saat meninjau Jembangan Wisata Alam (JWA) Kecamatan Poncowarno Kebumen, Selasa (18/5/2021). Ia tidak ingin kejadian di Kedung Ombo terulang di wilayah hukumnya. Jumlah penumpang yang melebihi daya tampung serta tidak mengenakan piranti keselamatan, diduga menjadi penyebab banyaknya korban dalam peristiwa tersebut.

Dalam tinjaun tersebut AKBP Piter Yanottama secara khusus menyoroti wahana perahu naga serta becak air yang lumayan banyak diminati para wisatawan. Ia berpesan kepada pengelola wisata untuk memperhatikan faktor keamanan wisatawan.

“Kita sampaikan, bahwa setiap wisatawan yang akan menaiki perahu wisata harus menggunakan pelampung dengan benar. Harus dipastikan, pelampung terkunci sampai bunyi klik,” ucap Kapolres Kebumen.

Ia mengingatkan, untuk alasan keamanan, kapasitas penumpang perahu tidak boleh melebihi muatan. Artinya jika perahu naga yang berkapasitas penumpang 18 orang, pihak pengelola harus mengurangi jumlah tersebut saat beroperasi.

Kepada mantan Kasubdit Renakta Polda Metro Jaya, pengelola wisata JWA Siswanto menjelaskan, perahu naga dan becak air dalam kondisi baik dan layak beroperasi. Pada liburan kali ini, total perahu naga yang dikelola JWA berjumlah 5 Unit, serta becak air berjumlah 20 unit

“Perahu naga kita berkapasitas penumpang 18 orang. Selanjutnya dalam beroperasi, kita hanya mengangkut 13 sampai 14 penumpang,” jelas Siswanto. (OSY)

Loading...