LP3BH Manokwari Dukung Polda PB Usut Dugaan Dana Hibah Yayasan Tipari

LP3BH Manokwari Dukung Polda PB Usut Dugaan Dana Hibah Yayasan Tipari
Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy, SH

HARIANNKRI.ID – Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy, SH, mendorong Polda Papua Barat untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan penyalahgunaan dana hibah Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan Kepada Yayasan Tipari Teminabuan.

“Saya terus mendorong Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Tornagogo Sihombing melalui Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir.Reskrimsus) Kombes Pol. Romilus Tamtelahitu dan jajarannya untuk segera melakukan penyelidikan kasus dugaan penyalahgunaan dana hibah Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel-red) kepada Yayasan Tipari di Teminabuan,” kata Warinussy dalam rilis yang diterima media ini Minggu (12/12/2021)

Ia menjelaskan, Yayasan Tipari diduga menerima dana hibah sekitar 7 M selama 4 Tahun. Yakni Tahun 2017-2020, dari pemerintah kabupaten Sorong Selatan yang digunakan untuk mengelola universitas Werisar

“Yayasan Tipari diduga telah menerima dana sekitar 7 Milyard rupiah sejak tahun anggaran 2017, 2018, 2019 dan 2020 dari Pemerintah Daerah Daerah Kabupaten Sorong Selatan. Untuk mengelola Universitas Werisar di Teminabuan. Sayangnya, Universitas Swasta pertama di Kabupaten Sorong Selatan tersebut tidak memiliki ijin operasional dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis-red) Papua dan Papua Barat,” lanjut Pengacara Pembela HAM Papua ini.

Sehingga operasional kegiatan universitas tersebut sesungguhnya tidak berjalan di Teminabuan selama ini. Bahkan kampus Universitas yang konon pengelolaannya berada di bawah Yayasan Tipari. Yayasan ini diketuai Beatrix Msen (istri Bupati Sorsel Samsuddin Anggiluli) tersebut juga hanya berdiri tiang-tiangnya saja yang sudah ditumbuhi rumput dan hutan. Sehingga pengelolaan dana sejumlah 7 milar lebih tersebut sangat menarik untuk diungkap alur masuk keluarnya.

“Berikut siapa yang menerima aliran dana tersebut dari Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan. Termasuk pejabat yang bertanggungjawab menyalurkan dana sebanyak itu selama 4 tahun anggaran berturut-turut ke rekening Yayasan Tipari yang dibina langsung oleh Samsuddin Anggiluli yang juga adalah Bupati Sorong Selatan,” tutup Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari. (HSG)

Loading...